TY - THES PB - PGSD A1 - Wantoro, Fajar N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media film strip terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas V di SD Negeri Ngoto Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya keterampilan menulis dan berbagai keunggulan yang dimiliki media film strip dalam pembelajaran keterampilan menulis. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode Quasi Eksperimental Design dengan tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Ngoto Bantul dengan jumlah 43 siswa yang terdiri dari kelas V B sebagai kelas eksperimen dan kelas V A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis karangan narasi. Teknik analisis data dengan menggunakan beda mean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, mean posttest kelas eksperimen yang menggunakan media film strip dalam pembelajaran menulis narasi lebih tinggi dari mean posttest kelas kontrol yang menggunakan media gambar. Mean posttest kelas eksperimen adalah sebesar 80,02 (kriteria baik sekali), sedangkan mean posttest kelas kontrol adalah sebesar 76,21 (kriteria baik). Hal tersebut membuktikan bahwa media film strip lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis narasi daripada media gambar. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media film strip efektif digunakan dalam pembelajaran menulis narasi siswa kelas V di SD Negeri Ngoto Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. Kata kunci: media film strip, keterampilan menulis narasi, SD Negeri Ngoto Y1 - 2015/10/01/ UR - http://eprints.uny.ac.id/26589/ M1 - skripsi ID - UNY26589 AV - public TI - KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA FILM STRIP TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V DI SD NEGERI NGOTO BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015 ER -