%0 Thesis %9 S1 %A Sri Hastuti %A Sridadi, %B PGSD Penjas %D 2015 %F UNY:26578 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K Keterampilan, Sepakbola, Ekstrakurikuler, Sekolah Dasar. %T TINGKAT KETERAMPILAN SEPAKBOLA PESERTA EKSTRAKURIKULER SD NEGERI KANDANGAN 2 KECAMATAN SEYEGAN KABUPATEN SLEMAN %U http://eprints.uny.ac.id/26578/ %X Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum diketahui tingkat keterampilan sepakbola peserta ekstrakurikuler SD Negeri Kandangan 2 Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan sepakbola peserta ekstrakurikuler SD Negeri Kandangan 2 Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah tingkat keterampilan sepakbola peserta ekstrakurikuler. Subjek penelitian adalah siswa peserta kegiatan ekstrakurikuler sepakbola SD Negeri Kandangan 2 Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman sejumlah 30 siswa. Instrumen penelitian adalah tes keterampilan sepakbola usia 10-12 tahun dari Daral Fauzi R (2009), yang meliputi enam butir tes: dribbling dengan nilai validitas “0,72” dan nilai reliabilitasnya “0,61”; short passed dengan nilai validitas “0,66” dan nilai reliabilitasnya “0,69”; trow in dengan nilai validitas “0,78” dan nilai reliabilitasnya “0,72”; running with the ball dengan nilai validitas “0,75” dan nilai reliabilitasnya “0,79”; heading the ball dengan nilai validitas “0,80” dan nilai reliabilitasnya “0,74”; serta shooting at the ball dengan nilai validitas “0,82” dan nilai reliabilitasnya “0,76”. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan sepakbola peserta ekstrakurikuler SD Negeri Kandangan 2 Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman, bahwa kategori baik sekali sebanyak 0 siswa atau sebesar 0%; kategori baik sebanyak 2 siswa atau sebesar 6,66%; kategori sedang sebanyak 17 siswa atau sebesar 56,67%; kategori kurang sebanyak 11 siswa atau sebesar 36,67%; dan kategori kurang sekali sebanyak 0 siswa atau sebesar 0%.