eprintid: 26528 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1275 dir: disk0/00/02/65/28 datestamp: 2015-09-28 08:53:10 lastmod: 2019-01-30 03:39:47 status_changed: 2015-09-28 04:24:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Suwitono, corp_creators: Sujarwo title: IDENTIFIKASI FAKTOR PENDUKUNG SISWA KELAS ATAS DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SD NEGERI SRUNEN KECAMATAN CANGKRINGAN KABUPATEN SLEMAN ispublished: pub subjects: or_pkr divisions: fik_olahraga_pgsd_penjas full_text_status: public keywords: Identifikasi, Faktor Pendukung, Siswa SD, Penjasorkes abstract: Permasalahan penelitian adalah SD Negeri Srunen Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman, masih kurang akan fasilitas sarana dan prasarana untuk kegiatan pembelajaran Penjasorkes. Tujuan penelitian adalah melakukan proses identifikasi dalam hal untuk mengetahui faktor pendukung siswa kelas atas dalam mengikuti pembelajaran Penjasorkes di SD Negeri Srunen Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas atas SD Negeri Srunen Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman sebanyak 78 siswa. Instrumen penelitian adalah angket model tertutup sebanyak 35 butir pernyataan. Uji instrumen dengan validitas konstruk. Uji coba instrumen: keseluruhan 35 butir pernyataan valid semua dan pembuktian reliabilitas instrumen telah memenuhi syarat, karena hasil pengujian keefisien reliabilitas instrumen di atas keefisien reliabilitas minimal, yaitu: (0,69 > 0,6). Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Identifikasi Faktor Pendudkung siswa kelas atas dalam mengikuti pembelajaran Penjasorkes di SD Negeri Srunen Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman, untuk kategori “sangat tinggi” sebanyak 10 siswa atau sebesar 12,82 %; kategori “tinggi” sebanyak 16 siswa atau sebesar 20,51 %; kategori “sedang” sebanyak 28 siswa atau sebesar 35,90 %; kategori “rendah” sebanyak 18 siswa atau sebesar 23,07 %; dan ketegori “sangat rendah” sebanyak 6 siswa atau sebesar 7,70 %. 2) Faktor intern (jasmani dan psikologi) paling mendukung siswa atas dalam mengikuti pembelajaran Penjasorkes di SD Negeri Srunen Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman dengan persentase sebesar 53,70 %. Selanjutnya faktor ekstern (sekolah, guru, dan kurikulum pembelajaran) juga turut mendukung siswa atas dalam mengikuti pembelajaran Penjasorkes di SD Negeri Srunen Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman dengan persentase sebesar 46,30 %. Kata kunci : Identifikasi, Faktor Pendukung, Siswa SD, Penjasorkes date: 2015 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Keolahragaan department: PGSD Penjas thesis_type: skripsi citation: Suwitono (2015) IDENTIFIKASI FAKTOR PENDUKUNG SISWA KELAS ATAS DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SD NEGERI SRUNEN KECAMATAN CANGKRINGAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/26528/1/suwotono%2013604227023.pdf