@phdthesis{UNY26516, year = {2015}, school = {Fakultas Ekonomi UNY}, author = {SHOHIH FEBRIANSYAH}, title = {PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA MUHAMMADIYAH WONOSOBO TAHUN AJARAN 2014/2015}, url = {http://eprints.uny.ac.id/26516/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Wonosobo Tahun Ajaran 2014/2015 (2) Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Wonosobo Tahun Ajaran 2014/2015 (3) Pengaruh Lingkungan Belajar dan Kemandirian Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Wonosobo Tahun Ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Wonosobo Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 158 siswa yang kemudian diambil 113 siswa sebagai sampel. Data dikumpulkan dengan metode angket dan metode dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel Lingkungan Belajar dan Kemandirian Belajar, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang Prestasi Belajar Akuntansi. Uji prasyarat analisis data meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data untuk hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis regresi sederhana, sedangkan untuk hipotesis ketiga menggunakan analisis regresi ganda pada taraf signifikansi 5\%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai rxy sebasar 0,306 dan nilai thitung sebesar 3,385 lebih besar dari ttabel 1,98118 (3,385{\ensuremath{>}}1,98118). (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai rxy sebesar 0,217 dan nilai thitung sebesar 2,324 lebih besar dari ttabel 1,98118 (2,324{\ensuremath{>}}1,98118). (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Belajar dan Kemandirian Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai Ry(1,2) sebesar 0,373 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,139. Ini berarti 13,9\% Prestasi Belajar Akuntansi dijelaskan oleh Lingkungan Belajar dan Kemandirian Belajar. Sedangkan 86,1\% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: Lingkungan Belajar, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi} }