TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui media Big Book pada siswa kelas I SDN Delegan 2 Kecamatan Prambanan Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindak kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Model dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Delegan 2 yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pegumpulan data pada penelitain ini menggunakan tes, observasi dan wawancara. Instrumen pengumpulan data secara kualitatif menggunakan lembar observasi dan secara kuantitatif menggunakan tes keterampilan membaca. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data dekskriptif kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindak kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Model dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Delegan 2 yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pegumpulan data pada penelitain ini menggunakan tes, observasi dan wawancara. Instrumen pengumpulan data secara kualitatif menggunakan lembar observasi dan secara kuantitatif menggunakan tes keterampilan membaca. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data dekskriptif kuantitatif dan kualitatif. Kata kunci: keterampilan membaca permulaan, media Big Book Y1 - 2015/09/28/ PB - PGSD A1 - Synta, Aqila Darmata TI - PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BIG BOOK PADA SISWA KELAS I SDN DELEGAN 2 PRAMBANAN SLEMAN AV - public ID - UNY26507 M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/26507/ ER -