%0 Thesis
%9 S1
%A Dedik Sugiyanto
%A Sridadi,
%B PGSD Penjas
%D 2015
%F UNY:26501
%I Fakultas Ilmu Keolahragaan
%K Pemahaman, Kriteria  Penilaian, Pembelajaran Sepakbola
%T PEMAHAMAN GURU TENTANG KRITERIA PENILAIAN  PEMBELAJARAN SEPAKBOLA KELAS V    SD NEGERI SE-KECAMATAN TURI   TAHUN PELAJARAN 2014/2015
%U http://eprints.uny.ac.id/26501/
%X ABSTRAK   Kondisi prasarana dan fasilitas  sepakbola yang kurang memadai serta  perbedaan kriteria penilaian terhadap peserta didik antara guru satu dengan  guru lainnya yang berbeda sekolah  menjadi permasalahan yang diangkat  dalam penelitian. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi tingkat  pemahaman guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)  mengenai pelaksanaan penilaian menggunakan indikator-indikator kriteria  penilaian pada pembelajaran sepakbola kelas V.    Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif. Subjek  penelitian adalah guru PJOK.  Jumlah populasi dalam penelitian ini ada 17  responden. Lokasi penelitian adalah Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan  Turi. Instrumen yang digunakan adalah angket berstruktur dengan bentuk  jawaban tertutup berbentuk pernyataan sebanyak 33 butir. Teknik analisis  data menggunakan deskriptif yang ditampilkan dalam bentuk  persentase.  Validitas angket sebesar 0,822 dan reliabilitasnya 0,952.    Hasil penelitian menunjukkan pemahaman guru PJOK terhadap  kriteria penilaian dalam pembelajaran sepakbola Kelas V yang masuk dalam  kategori “sangat baik” sebesar 11,76 %, kategori “baik” sebesar 47,06 %,  kategori “cukup” sebesar 41,17 %, kategori “kurang” sebesar 0 %, dan  kategori “sangat kurang” sebesar 0 %.