%0 Thesis %9 S1 %A Thomas Candra Hermawan %A Sridadi, %B Pendidikan Jasmani dan Rekreasi %D 2015 %F UNY:26492 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K persepsi, proses pembelajaran, permainan sepakbola. %T PERSEPSI SISWA KELAS VIII TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PERMAINAN SEPAKBOLA DI SMP NEGERI 1 BUAYAN KEBUMEN %U http://eprints.uny.ac.id/26492/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran penjas yang kurang optimal khususnya saat materi permainan sepakbola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa kelas VIII terhadap proses pembelajaran permainan sepakbola di SMP Negeri 1 Buayan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan angket yang terdiri dari 24 pernyataan meliputi aspek perhatian, minat, pengalaman, guru, metode pembelajaran, materi, sarana dan prasarana, lingkungan sekolah dan teman. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 224 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan Proportional Random Sampling, yang diambil sebanyak 25% dari jumlah populasi sehingga didapatkan sampel sebanyak 56 siswa yang terdiri dari 24 siswa putra dan 32 siswa putri. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa persepsi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Buayan terhadap proses pembelajaran permainan sepakbola berada pada kategori cukup baik. Dari hasil analisis pada siswa putra dengan rincian sangat baik dengan persentase 8,3% atau 2 siswa, kategori baik dengan persentase 20,8% atau 5 siswa, kategori cukup baik dengan persentase 45,8% atau 11 siswa, kategori kurang baik dengan persentase 16,7% atau 4 siswa dan kategori sangat kurang dengan persentase 8,3% atau 2 siswa. Sedangkan Dari hasil analisis pada siswa putri dengan rincian sangat baik dengan persentase 9,4% atau 3 siswa, kategori baik dengan persentase 12,5% atau 4 siswa, kategori cukup baik dengan persentase 46,9% atau 15 siswa, kategori kurang baik dengan persentase 25% atau 8 siswa dan kategori sangat kurang dengan persentase 6,2% atau 2 siswa.