%0 Thesis %9 S1 %A Mustian, Rizkawati %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2015 %F UNY:26486 %I PGSD %T KOMPONEN PEMBELAJARAN YANG MEMPENGARUHI DAYA INGATANAK DI KELAS IIIB SD NEGERI TUKANGAN YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/26486/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai komponen pembelajaran yang mempengaruhi daya ingat anak di kelas IIIB SD Negeri Tukangan Kota Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IIIB SD Negeri Tukangan Kota Yogyakarta. Teknik pengambilan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan observasii, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai komponen dapat mempengaruhi daya ingat anak terhadap materi pembelajaran dihasilkan dari strategi pembelajaran yang menyenangkan dan melibatkan keaktifan siswa. Materi yang disampaikan oleh guru dikemas dengan menarik agar siswa menjadi terfokus dan nyaman selama proses pembelajaran. Guru selalu mengupayakan agar siswa terlibat aktif dalam pembelajaran, antara lain dengan menyelipkan permainan dan nyanyian ketika penyampaian materi. Metode penyampaian materi juga bervariatif antara lain dengan menggunakan metode eksperimen, sosiodrama, dan lain-lain. Penggunaan media juga turut serta menjadi faktor penunjang ketertarikan siswa dalam proses belajar mengajar. Daya ingat anak akan bertambah kuat jika (1) anak dalam keadaan nyaman, (2) informasi yang diterima menimbulkan kesan bagi anak, (3) informasi yang diterima dapat membangkitkan emosi anak. Kata kunci: komponen pembelajaran, daya ingat