%X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Mengetahui pandangan guru TK tentang pengembangan profesionalitas pasca sertifikasi; (2) Mengetahui upaya-upaya apa saja yang dilakukan guru TK dalam mengembangkan profesionalitas; (3) Mengetahui hambatan guru TK tentang pengembangan profesionalitas pasca sertifikasi; dan (4) Mengetahui upaya-upaya yang dilakukan guru TK untuk mengatasi hamabatan dalam melakukan pengembangan profesionalitas guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah yang merangkap sebagai guru kelas TK bersertifikasi. Data-data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan model analisis interaktif. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh lembar wawancara, pedoman observasi, serta pedoman dokumentasi. Data diuji keabsahannya melalui triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pandangan guru mengenai pengembangan profesionalitas guru TK pasca sertifikasi yaitu upaya untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan yang dimiliki guru seiring berkembangannya zaman; (2) Upaya yang dilakukan guru TK untuk pengembangan profesionalitas yaitu seminar, workshop, dan kegiatan kolektif guru seperti KKG, Gugus, IGTKI, PGRI; (3) Hambatan yang ditemui dalam pengembangan profesionalitas yaitu dari diri sendiri kurangnya waktu dan kurang kemampuan, sementara dari lembaga berupa kurangnya saranadan prasarana pendukung; dan (4) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yaitu mendisiplinkan waktu dan membentuk team teaching, serta mengadakan koordinasi dengan komite. Kata kunci: pengembangan profesionalitas guru TK, sertifikasi guru %A Wiranti Novia %L UNY26483 %D 2015 %I PAUD %T PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU TAMAN KANAK-KANAK BERSERTIFIKASI DI KECAMATAN NANGGULAN KULON PROGO