%0 Thesis %9 S1 %A Ulfa, Afrida %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2015 %F UNY:26476 %I PGSD %T PENINGKATAN HASIL BELAJAR BILANGAN ROMAWI MELALUI METODE PERMAINAN SUSUN BILANGAN DAN TEKA-TEKI SILANG SISWA KELAS IV SDN KEMBARAN CANDIMULYO MAGELANG %U http://eprints.uny.ac.id/26476/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan proses pembelajaran dan hasil belajar bilangan romawi melalui metode permainan susun bilangan dan teka-teki silang pada siswa kelas IV SDN Kembaran Candimulyo Magelang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Kembaran Candimulyo Magelang yang berjumlah 17 siswa. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan dan hasil yang diperoleh dari penerapan metode permainan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran melalui metode permainan susun bilangan dan teka-teki silang dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kembaran. Peningkatan proses pembelajaran menggunakan metode permainan pada aktivitas guru dan siswa siklus I sebesar 66,67% dan 65% meningkat pada siklus II menjadi 86,67% dan 84,17%. Nilai rata-rata yang diperoleh dari pengukuran hasil belajar siswa pada kondisi awal sebesar 60,88 meningkat menjadi 70,20 di siklus I dan meningkat menjadi 79,36 pada siklus II. Siswa yang mencapai nilai ≥68 pada siklus I sejumlah 12 siswa atau 70,59%, pada siklus II meningkat menjadi 16 siswa atau 94,12%. Dengan demikian, penerapan metode permainan dapat digunakan di kelas IV SDN Kembaran Candimulyo Magelang. Kata kunci: hasil belajar, metode permainan, bilangan romawi, sekolah dasar