TY - THES AV - public ID - UNY26473 Y1 - 2015/08/21/ UR - http://eprints.uny.ac.id/26473/ M1 - skripsi PB - PAUD TI - KERJASAMA ANTARA SEKOLAH DAN ORANGTUA SISWA DI TK SE-KELURAHAN TRIHARJO SLEMAN A1 - Nurul, Arifiyanti N2 - Kerjasama penting dilakukan agar terjadi proses yang berkesinambungan dalam menstimulasi perkembangan anak baik dari sekolah ke rumah maupun sebaliknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang: (1) Upaya sekolah menjalin kerjasama dengan orangtua siswa; (2) Bentuk kerjasama antara sekolah dengan orangtua siswa; (3) Hambatan dalam kerjasama; dan (4) Upaya sekolah mengatasi hambatan dalam bekerjasama. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan jenis kualitatif. Subjek penelitian ini adalah lima kepala sekolah, lima guru, dan 15 orangtua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu lembar wawancara dan pedoman dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan model analisis interaktif. Data diuji keabsahannya melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Upaya sekolah menjalin kerjasama dengan orangtua siswa yaitu dengan menciptakan iklim sekolah nyaman, melakukan komunikasi awal dengan orangtua, dan menyediakan kesempatan bagi orangtua untuk terlibat; (2) Bentuk kerjasama yang dilakukan antara lain: parenting, komunikasi, volunteer, keterlibatan orangtua pada pembelajaran anak di rumah, dan kolaborasi dengan kelompok masyarakat; (3) Faktor penghambat kerjasama meliputi faktor internal (keyakinan guru, pandangan guru terhadap orangtua, dan kendala dari guru) dan faktor eksternal (pandangan orangtua, tuntutan hidup, dan sikap orangtua); dan (4) Upaya sekolah mengatasi hambatan dengan melakukan variasi komunikasi dan menyediakan waktu yang tepat bagi orangtua untuk bisa terlibat dalam kegiatan sekolah. Kata kunci: kerjasama, sekolah, orangtua ER -