@unpublished{UNY26425, title = {PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM OPERASI DI SMK NEGERI 2 MAGELANG}, author = {Widodo Disma Ariyanti}, month = {September}, year = {2015}, school = {UNY}, url = {http://eprints.uny.ac.id/26425/}, abstract = {PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM OPERASI DI SMK NEGERI 2 MAGELANG Oleh: Disma Ariyanti Widodo NIM 11520241066 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan kompetensi sikap sosial dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sistem Operasi di SMK Negeri 2 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas X RPL berjumlah 34 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi kompetensi sikap sosial, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Metode untuk analisis data yaitu dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kompetensi sikap sosial dan hasil belajar siswa kelas X RPL pada mata pelajaran Sistem Operasi di SMK Negeri 2 Magelang. Peningkatan kompetensi sikap sosial siswa dapat dilihat pada setiap siklus. Ratarata persentase kompetensi sikap sosial siswa pada siklus I sebesar 62,27\%. Hasil tersebut meningkat pada siklus II menjadi sebesar 79,17\%. Peningkatan hasil belajar siswa dilihat dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa. Hasil ketuntasan belajar siswa yaitu sebesar 44,12\% pada pra penelitian, 61,76\% pada siklus I, dan 82,35\% pada siklus II. Kata kunci: PTK, STAD, kompetensi sikap sosial, hasil belajar, sistem operasi} }