TY - THES Y1 - 2015/09/10/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa yang digunakan dalam iklan jam tangan berbahasa jerman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber penelitian ini diperoleh dari internet berupa iklan gambar dan kalimat yang terdapat pada web dan artikel online dengan periode dari bulan november 2014 hingga maret 2015. Data penelitian adalah satuan lingual yang berupa kata, frasa dan kalimat yang terdapat pada headline yang di kumpulkan dengan teknik baca dan teknik catat. Analisis data menggunakan metode padan referensial. Instrumen utama penelitian ini adalah penulis sendiri (human instrument). Untuk menentukan keabsahan data hasil penelitian digunakan validitas semantik. Uji reliabilitas menggunakan intrarater dan interrater. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 49 gaya bahasa yaitu terdiri dari 8 gaya bahasa metonimia, 6 gaya bahasa metafora, 5 gaya bahasa hiperbola, 4 gaya bahasa aliterasi, 4 gaya bahasa polisindeton, 3 gaya bahasa simile, 3 gaya bahasa elipsis, 3 gaya bahasa asonansi, 3 gaya bahasa denotatif, 2 gaya bahasa alusi, 2 gaya bahasa personifikasi, 2 gaya bahasa eufemismus, 1 gaya bahasa pertanyaan retoris, 1 gaya bahasa paradoks, 1 gaya bahasa asindeton, dan 1 gaya bahasa klimaks. PB - Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Arstiana, Ericha Rizky ID - UNY26420 M1 - skripsi TI - GAYA BAHASA IKLAN JAM TANGAN BERBAHASA JERMAN AV - public KW - Gaya Bahasa KW - Bahasa Iklan KW - Iklan Jam Tangan KW - Bahasa Jerman UR - http://eprints.uny.ac.id/26420/ ER -