@phdthesis{UNY26419,
            year = {2015},
          school = {Fakultas Ilmu Keolahragaan},
           title = {PERSEPSI GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
MUHAMMADIYAH WONOSARI TERHADAP KINERJA
 MAHASISWA PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN  
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA},
          author = {Diyan Yudanto},
        keywords = {Persepsi, kinerja, kompetensi},
        abstract = {Kompetensi mengajar merupakan salah satu faktor yang sangat menunjang 
keberhasilan dalam pengelolaan proses belajar mengajar di sekolah. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui persepsi guru Sekolah Menengah Kejuruan
Muhammadiyah Wonosari terhadap kinerja mahasiswa Praktik Pengalaman
Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta. Penilaian persepsi guru ini
berdasarkan empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian,
kompetensi professional dan kompetensi sosial. 
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan
metode survei. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMK
Muhammadiyah Wonosari sebanyak 58 orang. Instrument penelitian ini berupa
angket dengan uji validitas per butir instrument menggunakan rumus Product
Moment dari Karl Person dan uji realibilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach
dan diperoleh koefisien sebesar 0,981. Teknik analisis data menggunakan analisis
deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru Sekolah Menengah
Kejuruan Muhammadiyah Wonosari terhadap kinerja mahasiswa Praktik
Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta mausk dalam kategori cukup
baik sebanyak 30 orang (51,72\%), dalam ketegori baik sebanyak 18 orang (31,03\%),
dan kategori kurang sebanyak 10 orang (17,24\%). Sementara hasil kategori setiap
faktor antara lain kompetensi pedagogik berada dalam kategori cukup baik sebanyak
33 orang (56,89\%), kompetensi kepribadian berada di kategori cukup baik sebanyak
36 orang (62,06\%), kompetensi profesional berada dalam kategori cukup baik
sebanyak 37 orang (63,79\%), dan kompetensi sosial berada dalam kategori cukup
baik sebanyak 35 orang (60,34\%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
persepsi guru Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Wonosari terhadap
kinerja mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta
berkategori cukup baik.},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/26419/}
}