%0 Journal Article %A Sugirin, Ph.D. %A Siti, Sudartini, M.A. %A Suciati, Suciati %A Lusi, Nurhayati, M.Appl.Ling %A LPPM UNY, %D 2011 %F UNY:26412 %J Artikel Penelitian Unggulan UNY %K cultural aspects, EFL textbooks, cultural integration %T Pengembangan Buku Ajar Bahasa Inggris SMP Berbasis Multikultur sebagai Upaya Pemertahanan Budaya Lokal %U http://eprints.uny.ac.id/26412/ %X Tugas guru bahasa Inggris sebagai bahasa asing lekat dengan masalah tuntutan untuk memperkanalkan budaya bahasa sasaran yang, sampai pada tingkat tertentu, dapat merecoki atau bahkan menghalangi pengembangan penguasaan budaya lokal, nilai-nilai lokal, atau bahkan identitas kebangsaan. Karena buku teks pelajaran sering merupakan sumber utama materi pengajran, buku teks pelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing dapat menjadi sarana yang efektif untuk memperkenalkan aspek-aspek budaya dan mengembangkan pemahamannya pada diri siswa. Penelitian yang hasilnya dilaporkan dalam makalah ini berupaya untuk menggambarkan sejauh mana dan bagaimana para penulis buku teks pelajaran bahasa Inggris yang banyak digunakan di SMP, terutama di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, telah memasukkan aspek-aspek multikultur di dalam buku yang ditulisnya. Makalah ini juga mengusulkan aspek-aspek multikultur yang seimbang yang seharusnya diintegrasikan dalam buku teks dan bagaimana cara pengintegrasiannya agar budaya lokal dapat dipertahankan. %Z Laporan Penelitian Unggulan UNY 2011