%0 Thesis %9 S1 %A Wardati, Lusya Uci %A Dra. Retna Endah SM, M.Pd., %B Pendidikan Bahasa Jerman %D 2015 %F UNY:26409 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K Penelitian Tindakan Kelas, Keterampilan Membaca, Bahasa Jerman, Metode PQ4R %T UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN2 PURWOREJO MELALUI METODE PQ4R %U http://eprints.uny.ac.id/26409/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan (1) prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMAN 2 Purworejo melalui metode PQ4R, dan (2) keaktifan belajar peserta didik kelas XI SMAN 2 Purworejo dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman melalui metode PQ4R. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Strategi ditentukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 2 Purworejo. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Setiap tindakan terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat peningkatan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI IPS 2 SMAN 2 Purworejo melalui metode PQ4R sebesar 26%, dan (2) terdapat peningkatan keaktifan belajar peserta didik kelas XI IPS 2 SMAN 2 Purworejo dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman melalui metode PQ4R sebesar 45,92