TY - GEN Y1 - 2011/// TI - PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR SEBAGAI ALAT EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN ANTISIPASI DIRI ANAK TERHADAP PERILAKU KEKERASAN AV - public UR - http://eprints.uny.ac.id/26393/ KW - media gambar KW - antisipasi diri terhadap kekerasan KW - anak N2 - Latar belakang penelitian ini adalah kecenderungan meningkatnya perilaku kekerasan pada anak sehingga diperlukan berbagai alternatif preventif untuk meningkatkan antisipasi diri anak terhadap perilaku kekerasan. Media gambar bisa dikembangkan sebagai media edukasi orangtua atau guru untuk menjelaskan antisipasi diri anak terhadap perilaku kekerasan, yang bersifat populer, menarik dan bisa dipahami anak dengan segera. Penelitian ini melibatkan 63 orang anak, 8 orangtua dan 10 orang guru. Pengambilan subjek dengan teknik purposive. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Data penelitian yang telah dikumpulkan, dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif melalui teknik prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Masih banyak anak yang mengalami kekerasan baik sebagai saksi maupun sebagai korban, pelaku kekerasan adalah orang di sekitar anak, dan anak masih kurang mendapatkan informasi tentang kekerasan yang beragam dari berbagai sumber; 2) Media gambar antisipasi diri anak terhadap perilaku kekerasan berbentuk buku berhasil dikembangkan melalui 4 langkah utama yaitu : analisis kebutuhan pengembangan, pengembangan desain pembelajaran, pengembangan desain produk multimedia, dan evaluasi produk awal melalui uji ahli dan uji pengguna; 3) Media gambar antisipasi diri anak terhadap perilaku kekerasan telah divalidasi oleh para ahli, guru, orangtua dan anak sebagai pengguna dengan kriteria baik. ID - UNY26393 N1 - Laporan Penelitian Unggulan UNY 2011 A1 - Farida Harahap, M.Si. A1 - Kartika Nur, Fathiyah A1 - Rita, Eka Izzaty A1 - Isti Yuni, Purwanti ER -