relation: http://eprints.uny.ac.id/26352/ title: UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA N 1 MUNTILAN MAGELANG MELALUI KARTUN creator: Nevistyawati, Baiq Lis subject: Bahasa Jerman description: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Muntilan Magelang melalui kartun. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Strategi yang diterapkan ditentukan secara kolaboratif oleh peneliti, guru dan peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Muntilan Magelang yang terdiri dari 32 peserta didik. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi kelas dan refleksi. Pengumpulan data melalui wawancara, catatan lapangan, angket dan instrumen. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kartun memberikan perubahan positif sesuai dengan indikator keberhasilan penelitian. Peningkatan kualitas proses pembelajaran terlihat dari keaktifan dan semangat peserta didik yang meningkat, lebih berani mengungkapkan pendapat, menjawab maupun mengajukan pertanyaan. Nilai rata-rata menulis peserta didik pada siklus I sebesar 87,28 dan pada siklus II adalah 86,48. Tinggi rendahnya nilai dipengaruhi oleh tingkat kesulitan latihan, jenis latihan, tingkat pemahaman peserta didik, dan lain-lain. Dengan demikian, keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Muntilan telah mengalami peningkatan ditinjau dari segi proses maupun hasil setelah diberi tindakan melalui kartun. date: 2015-04-23 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/26352/1/SKRIPSI%20BAIQ%20LIS%20Npdf identifier: Nevistyawati, Baiq Lis (2015) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA N 1 MUNTILAN MAGELANG MELALUI KARTUN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.