TY - THES Y1 - 2015/08/21/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan: (1) keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas X-C SMA N 1 Prambanan Klaten melalui media Schlangen und Leitern, dan (2) motivasi belajar peserta didik kelas X-C SMA N 1 Prambanan Klaten dalam pembelajaran bahasa Jerman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Strategi dalam penelitian ini ditentukan seacara kolaboratif anatara penelti, peserta didik dan guru. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X-C SMA N 1 Prambanan Klaten yang terdiri dari 34 peserta didik. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, angket, catatan lapangan, tes keterampilan berbicara bahasa Jerman dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) adanya peningkatan prestasi belajar keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas X-C SMA N 1 Prambanan Klaten melalui media Schlangen und Leitern. Peningkatan nilai rata-rata keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik mencapai 61,34%. (2) Adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas X-C SMA N 1 Prambanan Klaten melalui media Schlangen und Leitern. Peningkatan motivasi belajar peserta didik dengan nilai hingga siklus ke II mencapai 5,5. A1 - Suhartati, Hana Rahayu PB - Universitas Negeri Yogyakarta AV - public TI - Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas X- C SMA Negeri 1 Prambanan Klaten melalui Media Schlangen und Leitern KW - Penelitian Tindakan Kelas KW - media Schlangen und Leitern KW - keterampilan berbicara bahasa Jerman ID - UNY26336 M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/26336/ ER -