%0 Thesis %9 S1 %A Juwariyah, Juwariyah %A Drs. Sudarmaji, M.Pd., %B Pendidikan Bahasa Jerman %D 2015 %F UNY:26329 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K Penelitian Tindakan Kelas, media permainan bahasaBildgeschichte, keterampilan menulis bahasa Jerman %T Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Prambanan Klaten melalui Media Permainan Bahasa Bildgeschichte %U http://eprints.uny.ac.id/26329/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan: (1) prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Prambanan Klaten dan (2) keaktifan belajar peserta didik kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Prambanan Klaten dalam proses pembelajaran bahasa Jerman.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Strategi ditentukan secara kolaboratif antara peneliti, peserta didik, dan guru. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI BahasaSMA Negeri 1 Prambanan Klaten. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keberhasilanproduk dapat dilihat dari meningkatnya prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Prambanan Klaten. Nilai rata- rata keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Prambanan Klaten melalui media permainan bahasa Bildgeschichtemembaik. Hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan sebesar 21,2%.(2) Indikator keberhasilan proses dapat dilihatdari meningkatnya keaktifan belajar peserta didik kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Prambanan Klaten. Persentase keaktifan belajar peserta didikberdasarkan observasi sebelum diberi tindakan hingga akhir siklus II meningkat sebesar 70,37%.