%L UNY26320 %X Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik proses pembelajaran keterampilan bahasa Jerman di MAN Yogyakarta II yang meliputi komponen pembelajaran: (1) tujuan pembelajaran, (2) materi, (3) metode, (4) media, (5) guru, (6) peserta didik, (7) sarana dan prasarana, dan (8) evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang datanya diperoleh melalui wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian sebagai berikut: (a) Karakteristik proses pembelajaran keterampilan membaca menunjukkan guru kurang mengoptimalkan silabus dan RRP, (1) tujuan pembelajaran untuk mensukseskan bahasa Jerman dalam Ujian Nasional, (2) materi bersumber dari Kontakte Deutsch1- 3, Themen Neu1, dan Deutschist einfach, (3) metode yang dipakai latihan soal, tanya-jawab, dan ceramah, (4) media yang digunakan elektronik dan cetak, (5) peserta didik mempunyai minat yang baik, (6) sarana buku bahasa Jerman di perpustakaan masih dalam jumlah yang sedikit, dan (7) bentuk evaluasi antara lain pilihan ganda dan essay; (b) Hambatan terletak pada peserta didik dan sarana; (c) Usaha yang dilakukan guru melalui pendekatan langsung dan memberikan sumber materi penunjang dalam sarana. %K karakeristik, pembelajaran, membaca %T KARAKTERISTIK PROSES PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN DI MAN YOGYAKARTA II %A Diastrid Anugrah Putri %I Universitas Negeri Yogyakarta %D 2015