%0 Thesis %9 S1 %A Kurniawan, Alek %A Dra. Tri Kartika Handayani, M.Pd., %B Pendidikan Bahasa Jerman %D 2015 %F UNY:26309 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K Media video animasi, keterampilan menyimak %T KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X MIA SMA NEGERI 1 SEDAYU BANTUL %U http://eprints.uny.ac.id/26309/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan menyimak bahasa Jerman peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Sedayu Bantul antara yang diajar menggunakan media video animasi dan yang diajar menggunakan media konvensional, (2) keefektifan penggunaan media video animasi dalam pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Jerman peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Sedayu Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah pre-test post-test control group design. Penelitian ini terdiri dari 2 variabel. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Sedayu Bantul yang berjumlah 127 peserta didik. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil pengambilan sampel diperoleh kelas X MIA 4 (31 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 (32 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui tes keterampilan menyimak bahasa Jerman pada pre-test dan post-test. Hasil analisis data uji-t menghasilkan thitung 2,688 lebih besar dari ttabel 2,000 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan menyimak bahasa Jerman antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Bobot keefektifannza sebesar 8,13%. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 8,0323 lebih besar dari nilai rata-rata kelas kontrol 7,5031. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media video animasi efektif dalam pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Jerman.