%T UNGKAPAN METAFORIS SEPAK BOLA DALAMIKLAN VOLKSWAGEN %D 2015 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K metafora, sepak bola, iklan Volkswagen %A Zakiyah Kusumaningtyas %X Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan ungkapan metaforis sepak bola dalam iklan-iklan Volkswagen dan makna yang terdapat di dalamnya. Data diperoleh dari majalah 11 Freunde dan Der Spiegel menggunakan teknik simak dan catat, dengan berlandaskan pada Prosedur Identifikasi Metafora dari Pragglejaz dan klasifikasi metafora Wahab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metafora yang ditemukan terdiri dari metafora nominatif, metafora kalimatif, dan metafora predikatif. Metafora-metafora tersebut menganalogikan keunggulan-keunggulan produk Volkswagen dengan keunggulan-keunggulan dalam sepak bola. Makna dari metafora-metafora tersebut bersifat persuasif sekaligus puitis, yaitu untuk mempengaruhi pembaca secara halus agar membeli produk Volkswagen yang diiklankan. %L UNY26307