eprintid: 26306 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1195 dir: disk0/00/02/63/06 datestamp: 2015-09-18 07:25:32 lastmod: 2019-01-30 03:30:46 status_changed: 2015-09-17 04:45:42 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Anggraeni, Selvi creators_id: selvhy.erick@gmail.com corp_creators: Prof. Dr. Pratomo Widodo, M.Pd. title: KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE ESTAFET WRITING DENGAN BANTUAN VERBA + ARGUMEN DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 MUNTILAN MAGELANG ispublished: pub subjects: E5 divisions: fbs_pend_bahasa_jerman full_text_status: public keywords: Metode, Estafet Writing, Keterampilan Menulis, Bahasa Jerman abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Muntilan Magelang antara yang diajar menggunakan metode Estafet Writing dengan bantuan Verba + Argumen dan yang diajar menggunakan metode konvensional, (2) keefektifan penggunaan metode Estafet Writing dengan bantuan Verba + Argumen dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA N 1 Muntilan Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Muntilan Magelang yang berjumlah 293. Teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling. Kelas X 5 yang terdiri dari 29 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas X 3 yang terdiri dari 29 peserta didik sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui tes keterampilan menulis bahasa Jerman dalam pre-test dan post-test. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan thitung (sebesar 6,421) lebih besar dari pada ttabel (sebesar 2,000), pada taraf sinifikansi α = 0,05 dan df sebesar 56. Hasil post-test kedua kelompok menunjukkan rerata kelas eksperimen sebesar 84,8966 lebih besar daripada rerata kelas kontrol yaitu 78,4138 dan bobot keefektifan 8,8%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode Estafet Writing dengan bantuan Verba + Argumen dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional. date: 2015-07-15 date_type: published institution: Universitas Negeri Yogyakarta department: Pendidikan Bahasa Jerman thesis_type: skripsi citation: Anggraeni, Selvi (2015) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE ESTAFET WRITING DENGAN BANTUAN VERBA + ARGUMEN DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 MUNTILAN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/26306/1/SKRIPSI_SELVI%20ANGGRAENI_11203241002.pdf