%0 Thesis %9 S1 %A Linda, Raras Rachma %A Drs. Sudarmaji, M.Pd., %B Pendidikan Bahasa Jerman %D 2015 %F UNY:26305 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K Penguasaan Kosakata, Make a Match, MAN 2 Yogyakarta %T UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X MELALUI TEKNIK MAKE A MATCH %U http://eprints.uny.ac.id/26305/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) penguasaan kosakata bahasa Jerman, (2) keaktifan peserta didik kelas X MAN 2 Yogyakarta melalui penerapan teknik Make a Match. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Strategi dalam penelitian ini ditentukan secara kolaboratif antara peneliti dengan mitra peneliti yaitu guru dan peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Bahasa MAN 2 Yogyakarta yang terdiri dari 26 peserta didik. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, angket, catatan lapangan, tes penguasaan kosakata bahasa Jerman dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik Make a Match dapat meningkatkan penguasaan koskata bahasa Jerman peserta didik kelas X MAN 2 Yogyakarta. Peningkatan nilai rata-rata penguasaan kosakata bahasa Jerman peserta didik mencapai 11.5%. Selain keberhasilan produk tersebut, juga terdapat keberhasilan proses berupa peningkatan keaktifan peserta didik sebesar 81%.