<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI PELAJARAN\r\nMENGGAMBAR BUSANA DENGAN MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS X\r\nDI SMK NEGERI 3 KLATEN"^^ . "ABSTRAK\r\nPENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI PELAJARAN\r\nMENGGAMBAR BUSANA DENGAN MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS X\r\nDI SMK NEGERI 3 KLATEN\r\nOleh.\r\nDiah Suryandari Hardianto\r\n04513241021\r\nTujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran materi\r\nmenggambar busana dengan pendekatan kontekstual dan 2) mengetahui peningkatan\r\nprestasi belajar pada materi pelajaran menggambar busana dengan pendekatan\r\nkontekstual (contextual teaching and learning) siswa kelas X di SMK Negeri 3 Klaten.\r\nJenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2\r\nsiklus, setiap siklus satu kali pertemuan. Penelitian dilaksanakan pada bulan April\r\nsampai Mei 2011. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X busana 2 di SMK Negeri\r\n3 Klaten. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, catatan lapangan, dokumentasi\r\ndan tes. Lembar pengamatan menggunakan judgement exspert dan correlation product\r\nmoment berjumlah 54 item dengan item gugur 9, yaitu nomor 17, 19, 20, 28, 33, 40, 41,\r\n43 dan 49. Tes pilihan ganda menggunakan judgement exspert dan correlation biserial.\r\nTes praktek kriteria penilaian menggunakan validitas judgement exspert. Reliabilitas\r\npada lembar observasi dan tes praktek menggunakan antar rating dengan hasil 0,99 dan\r\n0,97. Reliabilitas tes pilihan ganda menggunakan KR-20 dengan hasil 0,73. Teknik\r\nanalisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif persentase dengan\r\nmenghitung seluruh nilai dan dicari nilai rata-rata dari ketiga instrumen yaitu lembar\r\npengamatan, tes tertulis bentuk pilihan ganda dan tes praktek.\r\nPelaksanaan pembelajaran menggambar busana dengan pendekatan kontekstual\r\npada siklus I. Perencanaan, siswa kurang antusias saat pembagian kelompok. Tindakan,\r\nmengadakan diskusi kelompok. Pengamatan, ditemukan siswa belum terbiasa dengan\r\nmetode yang diterapkan guru. Refleksi, nilai siswa belum mencapai standar ketuntasan.\r\nSiklus II perencanaan, siswa antusias dalam pembagian kelompok. Tindakan, guru\r\nmemotivasi dan menguatkan siswa. Pengamatan, ditemukan bahwa siswa telah mampu\r\nmenganalisis, mengaplikasikan ide, mempresentasikan hasil diskusi dan pendapatnya\r\ndengan baik dan percaya diri. Refleksi, nilai siswa telah memenuhi standard ketuntasan.\r\nBerdasarkan temuan tersebut disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual dapat\r\nditerapkan pada pembelajaran menggambar busana pada kelas X di SMK Negeri 3\r\nKlaten. Prestasi belajar menggambar busana pada pra siklus 51,97 kurang memenuhi\r\nstandard ketuntasan. Pada siklus I diberi tindakan pendekatan kontekstual, nilai ratarata\r\nprestasi belajar meningkat menjadi 65,94 masih kurang memenuhi standard\r\nketuntasan, jadi diadakan perbaikan pada siklus II. Pada siklus II nilai rata-rata prestasi\r\nbelajar siswa meningkat menjadi 81.66. Berdasarkan standard ketuntasan sekurangkurangnya\r\nmencapai 75% atau keseluruhan siswa yang ada di kelas tersebut\r\nmemperoleh nilai 70 disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual dapat meningkatkan\r\nprestasi belajar pada pembelajaran menggambar busana pada kelas X di SMK Negeri 3\r\nKlaten."^^ . "2015-09-17" . . . "UNY"^^ . . . "Fakultas Teknik, UNY"^^ . . . . . . . . . "Suryandari Hardianto"^^ . "Diah"^^ . "Suryandari Hardianto Diah"^^ . . . . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI PELAJARAN\r\nMENGGAMBAR BUSANA DENGAN MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS X\r\nDI SMK NEGERI 3 KLATEN (Text)"^^ . . . "Diah Suryandari 04513241021.pdf"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI PELAJARAN\r\nMENGGAMBAR BUSANA DENGAN MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS X\r\nDI SMK NEGERI 3 KLATEN (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI PELAJARAN\r\nMENGGAMBAR BUSANA DENGAN MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS X\r\nDI SMK NEGERI 3 KLATEN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI PELAJARAN\r\nMENGGAMBAR BUSANA DENGAN MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS X\r\nDI SMK NEGERI 3 KLATEN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI PELAJARAN\r\nMENGGAMBAR BUSANA DENGAN MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS X\r\nDI SMK NEGERI 3 KLATEN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI PELAJARAN\r\nMENGGAMBAR BUSANA DENGAN MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS X\r\nDI SMK NEGERI 3 KLATEN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #26282 \n\nPENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI PELAJARAN \nMENGGAMBAR BUSANA DENGAN MENGGUNAKAN \nPENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS X \nDI SMK NEGERI 3 KLATEN\n\n" . "text/html" . . . "Teknik Boga dan Busana" . .