%0 Generic %A Ariefa, Efianingrum %A Siti Irene, Astuti Dwiningrum %A LPPM UNY, %D 2011 %F UNY:26265 %K kultur sekolah, kondusif, hak-hak anak %T PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KULTUR SEKOLAH YANG KONDUSIF BAGI PERLINDUNGAN ANAK %U http://eprints.uny.ac.id/26265/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengujicobakan buku panduan kultur sekolah yang kondusif bagi perlingungan anak. Pengembangan kultur sekolah yang kondusif bagi perlindungan anak bermakna supaya anak-anak merasakan suasana aman dan nyaman di lingkungan sekolahnya. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development/R&D). Dalam upaya mengembangkan buku panduan kultur sekolah yang kondusif bagi perlindungan anak, dilakukan sejumlah tahap ujicoba, yaitu: ujicopa lapangan terbatas, ujicoba lapangan lebih luas, dan ujicoba operasional. Ujicoba melibatkan guru dari sejumlah Sekolah Dasar di Kabupaten Sleman. Kepada mereka diberikan instrumen pencermatan buku panduan. Saran dan masukan dari guru menjadi pertimbangan dalam merekonstruksi buku panduan sehingga siap untuk diimplementasikan dalam rangka mengembangkan kultur sekolah yang kondusif bagi perlindungan anak. %Z Laporan Penelitian Unggulan UNY 2011