%0 Thesis
%9 S2
%A Lewier, Kristian Paruty
%B Program Pascasarjana
%D 2015
%F UNY:26248
%I UNY
%K evaluasi implementasi kurikulum 2013, pendidikan jasmani
%T Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar Kabupaten Merauke Provinsi Papua
%U http://eprints.uny.ac.id/26248/
%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani dalam implementasi kurikulum 2013 di sekolah dasar kabupaten Merauke.   Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan deskriptif. Model evaluasi yang digunakan adalah model yang berorientasi pada tujuan (Goal Oriented Evaluation Model). Model evaluasi ini menggunakan tujuan sebagai kriteria untuk menentukan keberhasilan. Berdasarkan model evaluasi, yang digunakan yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui kesesuaian penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan kesesuaian pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani sesuai kurikulum 2013.  Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) hasil analisis angket rencana pelaksanaan pembelajaran secara keseluruhan adalah sangat sesuai, skor yang diperoleh adalah 142 dengan rata-rata skor 71, 2) hasil analisis angket rencana pelaksanaan pembelajaran untuk setiap aspeknya adalah 24,5, aspek identitas mata pelajaran skor rata-rata adalah 23, aspek kegiatan pembelajaran skor rata-rata adalah 23,5 kategori sangat sesuai, 3) hasil analisis angket pelaksanaan pembelajaran untuk semua aspek total skor adalah 141, rata-rata skor 70,5 kategori sangat sesuai. 4) hasil analisis angket pelaksanaan pembelajaran setiap aspeknya adalah kegiatan awal skor rata-rata adalah 23,5, aspek kegiatan inti skor rata-rata 23,5 dan aspek kegiatan penutup skor rata-rata 23,5 dengan kategori sangat sesuai. Berdasarkan hasil analisis pelaksanaan pembelajaran setiap aspek  disimpulkan sangat sesuai, 5) hasil observasi pelaksanaan pembelajaran SD Inpres Gudang Arang jumlah skor adalah 13 dengan presentase 86,67%, SD Inpres Polder jumlah skor 14 dengan presentase 93,33% berdasarkan presentase tersebut rata-rata presentase pelaksanaan pembelajaran adalah 90% termasuk kategori sangat sesuai.