@phdthesis{UNY26162, school = {UNY}, title = {Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Sastra bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar}, author = {Nurul Mu'minin MZ}, month = {June}, year = {2015}, keywords = {perangkat pembelajaran, tematik integratif, pembelajaran berbasis sastra}, url = {http://eprints.uny.ac.id/26162/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran tematik integratif berbasis sastra yang layak bagi siswa kelas V SD, (2) mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran tematik integratif berbasis sastra bagi siswa kelas V SD. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Borg \& Gall. Desain pengembangan dikelompokkan menjadi 3 langkah, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) proses pengembangan, dan (3) uji coba dan finalisasi. Subjek uji coba lapangan awal (terbatas) adalah 5 orang siswa dan 1 orang guru kelas VB SD Negeri Glagah Yogyakarta. Subjek uji coba lapangan (luas) adalah 28 orang siswa (1 kelas) VA SD Negeri Glagah Yogyakarta. Subjek uji lapangan operasional berjumlah 102 orang siswa yang terdiri atas 4 kelas di dua sekolah yang berbeda. SD Negeri 3 Pancor dengan siswa berjumlah 24 orang untuk kelas eksperimen dan 26 orang untuk kelas kontrol. SD Negeri 3 Selong dengan siswa berjumlah 26 orang untuk kelas eksperimen dan 26 orang untuk kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar angket, lembar observasi, dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan Precentage of Agreement, Paired Sample t Test, dan Independent Sample t Test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran hasil pengembangan perangkat pembelajaran tematik integratif berbasis sastra berupa silabus, RPP, LKS, dan soal tes menurut ahli (expert judgment) berkategori ?baik?. Penerapan perangkat pembelajaran tematik integratif berbasis sastra hasil pengembangan secara umum dapat terlaksana dengan kategori ?sangat baik?. Terdapat perbedaan nilai pada hasil akhir pembelajaran antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen setelah menggunakan produk hasil pengembangan perangkat pembelajaran tematik integratif berbasis sastra dengan p {\ensuremath{<}} 0,05 selanjutnya terjadi pula peningkatan yang signifikan dengan p = 0,002.} }