TY - THES Y1 - 2015/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata, tata bahasa, dan minat baca terhadap keterampilan membaca pemahaman teks berbahasa Indonesia pada siswa kelas VII SMP di Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah ex post facto, di laksanakan di Kabupaten Solok, Sumatera Barat pada bulan Maret sampai Mei 2015. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP di Kabupaten Solok dengan sampel penelitian berjumlah 223 siswa yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Variabel terikat (Y) dalam penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman teks berbahasa Indonesia dan variabel bebas (?) terdiri atas penguasaan kosakata (??), penguasaan tata bahasa (??), dan minat baca (??). Data dikumpulkan melalui tes penguasaan kosakata, tes penguasaan tata bahasa, tes membaca pemahaman teks berbahasa Indonesia, dan angket minat baca, kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif, korelasi parsial, dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguasaan kosakata, tata bahasa, dan minat baca secara parsial maupun simultan dapat mempengaruhi keterampilan membaca pemahaman teks berbahasa Indonesia siswa kelas VII SMP se-Kabupaten Solok. Kontribusi pengaruh variabel penguasaan kosakata sebesar 10,8 % , variabel tata bahasa sebesar 17,2 %, variabel minat baca sebesar 12,5 %, dan kontribusi pengaruh variabel penguasaan kosakata, tat bahasa, dan minat baca secara simultan terhadap keterampilan membaca pemahaman teks berbahasa Indonesia adalah sebesar 40,5 %. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel penguasaan tata bahasa merupakan yang paling berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman teks berbahasa Indonesia siswa kelas VII SMP se-Kabupaten Solok, Sumtera Barat. PB - UNY A1 - Afrianti, Rona M1 - tesis ID - UNY26149 TI - Pengaruh Penguasaan Kosakata, Tata Bahasa, Dan Minat Baca Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Berbahasa Indonesia Siswa SMP AV - public UR - http://eprints.uny.ac.id/26149/ ER -