TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/26090/ ID - UNY26090 N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) pelaksanaan dan (2) kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran IPA MTs menggunakan scientific approach berdasarkan Kurikulum 2013 di Wilayah Kerja Kediri. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode survei, yang dilakukan tanpa memberikan perlakuan apapun terhadap objek penelitian. Penelitian dilakukan di enam MTs negeri yang berada di lima kabupaten/ kota yang ada di wilayah kerja Kediri yang meliputi: MTsN A Kabupaten Nganjuk, MTsN B Kota Kediri, MTsN C Kabupaten Kediri, MTsN D Kabupaten Kediri, MTsN E Kabupaten Tulungagung dan MTsN F Kabupaten Blitar. Subjek penelitian adalah guru kelas VII MTs. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah mencari mi / mean ideal dengan program microsoft exell 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran IPA MTs menggunakan scientific approach berdasarkan Kurikulum 2013 di wilayah kerja Kediri masuk dalam kategori sangat baik dan (2) kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran IPA MTs menggunakan scientific approach berdasarkan Kurikulum 2013 di wilayah kerja Kediri adalah kurangnya sarana pendukung yang meliputi: buku siswa dan buku guru. Y1 - 2015/07/25/ PB - UNY KW - pelaksanaan pembelajaran IPA KW - scientific approach KW - Kurikulum 2013 TI - Pelaksanaan Pembelajaran IPA MTs Menggunakan Scientific Approach Berdasarkan Kurikulum 2013 di Wilayah Kerja Kediri A1 - Riskianto, Yuli AV - public M1 - tesis ER -