TY - THES KW - perangkat pembelajaran KW - PBL KW - penguasaan konsep KW - dan sikap peduli lingkungan AV - public TI - Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi dengan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa di SMA Negeri 1 Godean Yogyakarta M1 - tesis ID - UNY26077 UR - http://eprints.uny.ac.id/26077/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui karakteristik perangkat pembelajaran yang layak digunakan, 2) mengembangkan perangkat pembelajaran biologi dengan model PBL yang layak digunakan dalam proses pembelajaran, dan 3) mengetahui perbedaan antara perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan perangkat pembelajaran konvensional dalam rangka untuk meningkatkan penguasaan konsep dan sikap peduli lingkungan siswa. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model Borg & Gall yang terdiri atas sembilan langkah, meliputi: studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, validasi produk dan revisi pertama, uji coba terbatas, revisi kedua, uji coba luas, revisi produk akhir dan diseminasi. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli dan dua guru biologi SMA pilot project. Uji coba terbatas dilaksanakan di kelas X MIA 2. Uji coba diperluas dilaksanakan di kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah 1) sejumlah karakteristik tentang perangkat pembelajaran biologi yang layak digunakan yaitu sesuai dengan spesifikasi produk yang telah ditentukan sebelumnya. 2) Penelitian ini juga menghasilkan perangkat pembelajaran biologi dengan model PBL yang layak digunakan dalam proses pembelajaran yang terdiri atas silabus, RPP, LKS, dan instrumen penilaian. Hasil penilaian dosen ahli dan guru biologi menunjukan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan berada pada kategori ?sangat baik? dengan skor rata-rata 3.55. Hasil penilaian siswa menunjukkan bahwa tingkat keterbacaan LKS berada pada kategori ?sangat baik? dengan skor rata-rata 3.03. Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran juga berada pada kategori ?sangat baik? dengan presentase rata-rata 93 %. 3) Selain itu, berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa N-gain skor rata-rata penguasaan konsep untuk kelas eksperimen adalah sebesar 0.46, dan 0.22 untuk kelas kontrol. Kemudian, N-gain skor rata-rata untuk sikap peduli lingkungan kelas eksperimen adalah sebesar 0.16, dan 0.03 untuk kelas kontrol. Hasil uji statistik multivariat (MANOVA) menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.000. Dengan demikian, dapat simpulkan bahwa ada perbedaan antara perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan perangkat pembelajaran konvensional dalam rangka untuk meningkatkan penguasaan konsep dan sikap peduli lingkungan siswa. Y1 - 2015/07/25/ A1 - Saputri, Wulandari PB - UNY ER -