<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "MODUL PERMAINAN KEAKSARAAN\r\nALAT MAIN, DAN SUPLEMEN DETEKSINYA\r\nUNTUK ANAK USIA DINI"^^ . "Penelitian ini merupakan penelitian keaksaraan tahun kedua. Tujuan umum penelitian\r\nadalah menghasilkan seperangkat permainan keaksaraan lengkap dengan alat main dan suplemen\r\ndeteksinya. Ada pun tujuan khusus tahun kedua ini adalah (1) menguji coba prototipe alat main\r\nkeaksaraan: geometri huruf, pola suku kata, lukis simbol - tunggung, (2) menguji-coba modul\r\npermainan keaksaraan, meliputi: permainan keaksaraan berbasis teks, geometri huruf, pola suku\r\nkata, lukis simbol - tunggung, dan (3) menguji keterbacaan suplemen deteksi. \r\nPenelitian keseluruhan menggunakan pendekatan research and development dengan 10\r\nlangkah. Pada tahun II, penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan coba-revisi. Penelitian\r\ndilakukan di 12 lembaga PAUD- KB-TK di DIY meliputi Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta,\r\nKabupaten Kulon Progo, dan Kabupaten Sleman. Teknik pengumpulan data menggunakan (1)\r\nobservasi, wawancara, dan dokumentasi, (2) observasi, wawancara, dan (3) coba evaluasi. Analisis\r\ndata menggunakan deskriptif kualitatif berupa identifikasi-pemaknaan, pengkodingan, kategorisasi,\r\ndan penyusunan struktur. Validitas data diperoleh melalui: (1) pengumpulan data ganda, meliputi\r\nmetode observasi, wawancara, FGD, dokumentasi, angket ; (2) sumber data ganda, yakni sumber\r\ndata lisan, sumber data tertulis, dan sumber data gerak-visual-lisan; (3) ketekunan pengamatan;\r\ndan (4) interreter reliability. \r\nHasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, modul dan suplemen keaksaraan telah\r\ndiuji-coba dan dinyatakan bebas-layak dengan perincian: (1) Keterbacaan dan kelayakan modul\r\nuntuk unsur isi dan konsep sebesar 80%, unsur kelengkapan komponen sebesar 80,26%, dan unsur\r\ntampilan sebesar 84,67%; (2) keterbacaan dan kelayakan suplemen untuk unsur isi dan konsep\r\nsebesar 80,22%, unsur kelengkapan suplemen sebesar 81,33%, dan unsur tampilan sebesar 86,40%.\r\nKedua, permainan keaksaraan memiliki kemampuan meningkatkan minat keaksaraan, keaksaraan\r\npermainan, dan pemerolehan keaksaraan. Permainan berbasis teks meningkatkan minat\r\nkeaksaraan anak dari 30,18 ke 34,16, meningkat keaksaraan permainan dari 14,02 menjadi 15,77,\r\nmeningkatkan pemerolehan keaksaraan reseptif dari 4,08 menjadi 5,98, permainan geometri huruf\r\nmeningkatkan minat keaksaraan anak dari 30,30 ke 32,77, meningkatkan keaksaraan permainan\r\ndari 10,23 menjadi 11,10, meningkatkan pemerolehan keaksaraan reseptif dari 4,07 menjadi 4,94,\r\npermainan pola suku kata meningkatkan minat keaksaraan dari 30,11 ke 34,84, meningkatkan\r\nkeaksaraan permainan dari 17,74 menjadi 20,33, meningkatkan pemerolehan keaksaraan reseptif\r\ndari 4,68 menjadi 6,81, dan permainan light table meningkatkan minat keaksaraan dari 30,05\r\nmenjadi 32,11, meningkatkan keaksaraan permainan dari 22,87 menjadi 24,07, meningkatkan\r\npemerolehan keaksaraan produktif dari 6,26 menjadi 7,74.Ketiga, uji-coba alat main keaksaraan\r\nmenunjukkan hasillayak dengan perincian:(1)alat main teksukuran kertas folio sebesar 47,00 dan\r\nukuran 19X23 cm sebesar 43,50 (dengan 2/3 gambar dan 1/3 teks dengan besar font 20 hingga 24\r\nstandar arial, tahoma, atau 24 hingga 28 untuk calibri dan sejenisnya) ; (2)alat main geometri\r\nhuruflayak dengan menggunakan papan MDF I (1 X 1cm) skor 41, MDF II (4mm X 1,2) skor44,17\r\nMDF III (4mm X 1,2 dicat) skor46,67. Alat main geometri huruf dengan bahan kertas memperoleh\r\nskor 33,67 (kurang layak) dan yang berbahan gabus mendapatkan skor 37,33 (kurang layak); (3)alat\r\nmain pola suku katabahan ivory 4,5 X 5cm skor 41, 67 (efektif), MDF 4mm ukuran 4,5 X 4,5 cm\r\nskor 48,00 (efektif), dan plastik semi acrylic 1,2 mm 4,5 X 4,5cm skor 42,67 (efektif). Semua warna\r\nyang digunakan sesuai dengan standar yang ditemukan pada tahun pertama; (4) alat main lukis\r\nsimbol dan tunggungdengan karton 9 X 12cm skor 43,67, dengn gabus tebal 12X14cm skor 44,67,\r\ndan dengan MDF 6mm ukuran 12 X 14 cm dicat skor 49,00.Hasil analisis ini menunjukkan bahwa\r\npapan MDF lebih sesuai digunakan untuk mengembangkan alat main keaksaraan pola suku kata,\r\nlukis simbol, dan geometri huruf dibandingkan dengan bahan kertas dan gabus."^^ . "2011" . . . . . . . . . . . . . . "Musfiroh, Dr., S.Pd., M.Hum."^^ . "Tadkiroatun"^^ . "Musfiroh, Dr., S.Pd., M.Hum. Tadkiroatun"^^ . . "M.Pd"^^ . "Ika Budi Maryatun"^^ . "M.Pd Ika Budi Maryatun"^^ . . "M.Pd"^^ . "Pujiriyanto"^^ . "M.Pd Pujiriyanto"^^ . . "LPPM UNY"^^ . . . . . . . "MODUL PERMAINAN KEAKSARAAN\r\nALAT MAIN, DAN SUPLEMEN DETEKSINYA\r\nUNTUK ANAK USIA DINI (Text)"^^ . . . "SAMPUL.doc"^^ . . . "MODUL PERMAINAN KEAKSARAAN\r\nALAT MAIN, DAN SUPLEMEN DETEKSINYA\r\nUNTUK ANAK USIA DINI (Text)"^^ . . . "BAB I-III.doc"^^ . . . "MODUL PERMAINAN KEAKSARAAN\r\nALAT MAIN, DAN SUPLEMEN DETEKSINYA\r\nUNTUK ANAK USIA DINI (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #26071 \n\nMODUL PERMAINAN KEAKSARAAN \nALAT MAIN, DAN SUPLEMEN DETEKSINYA \nUNTUK ANAK USIA DINI\n\n" . "text/html" . . . "LPPM" . .