TY - JOUR UR - http://eprints.uny.ac.id/26051/ KW - modality KW - e-learning KW - kognitif KW - moodle AV - public TI - PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ID - UNY26051 A1 - Dr. M.Bruri, Triyono A1 - Herman Dwi Surjono, Ph.D. A1 - Eko, Marpanaji N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan e-learning dengan menerapkan prinsip modality dengan bentuk dan isi yang telah ditetapkan, dan (2) mengetahui peran modality terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan media e-learning. Subjek penelitian dibagi dalam 2 (dua) kelompok, yaitu: (1) kelompok N (narration); (2) kelompok T (Text); dimana masing-masing kelompok berjumlah 14 siswa, sehingga jumlah keseluruhan 28 siswa. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut: (1) e-learning yang dihasilkan adalah sebuah sistem manajemen pembelajaran (LMS) online dengan software aplikasi moodle.e-learning menyajikan materi pembelajaran fisika SMK, khususnya kelas XII SK ke-14, KD ke-2, beserta contoh soal dan quis. (2) peran modality terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan media e-learning dapat dilihat dari hasil belajar kognitif siswa, dimana kelompok N (narasi) lebih baik dari pada kelompok T (teks) berdasarkan pencapaian hasil belajar kognitif siswa. Gain (derajat efektifitas) posttest-pretest pada kelompok N (narasi) sebesar 40,714, sedangkan pada kelompok T (teks) sebesar 35,714, dengan nilai selisih antar kelompok sebesar 5,00. JF - Artikel Penelitian Hibah Pascasarjana Y1 - 2011/// N1 - Laporan Penelitian Hibah Pascasarjana 2011 ER -