relation: http://eprints.uny.ac.id/26048/
title: PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN PENDEKATAN KOMPREHENSIF TERINTEGRASI DALAM PEMBELAJARAN BIDANG STUDI   DI SEKOLAH DASAR
creator: Darmiyati Zuchdi, Prof. Ed.D
creator: Zuhdan Kun Prasetyo, Zuhdan
creator: Muhsinatun Siasah, Masruri
subject: LPPM
description: Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  menghasilkan  model  pendidikan karakter dengan pendekatan komprehensif, meliputi domain kognitif, afektif, dan perilaku, dengan metode inkulkasi, keteladanan, dan pengembangan habit, yang terintegrasi dalam pemebelajaran bidang studi Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS, disertai pengembangan kultur sekolah yang kondusif.  Penelitian payung berupa penelitian pengembangan, dengan tahapan: I.Pengembangan  desain  dan II uji coba terbatas  (tahun  pertama),  III. Pilot project  (tahun kedua), dan IV. Implementasi/disemenasi  (tahun ketiga). Tim dosen peneliti melaksanaan penelitian pengembangan kultur sekolah, sedangkan para mahasiswa S2 (tahun pertama/2009: 4 orang, tahun kedua/2010: 6 orang, dan   ketiga/2011: 6 orang) mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS.  Penelitian  tahun pertama  (uji coba terbatas)  dilaksanakan  di 4 SD/MI Negeri dan Swasta di Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta di Provinsi DIY, berbentuk penelitian eksperimen,  Hasil penelitian menunjukkan  bahwa model pendidikan karakter dengan pendekatan komprehensif, yang terintegrasi dalam pembelajaran bidang studi dan pengembangan kultur terbukti efektif untuk meningkatakan baik hasil studi maupun karakter peserta didik. Pengembangan  kultur sekolah menunjukkan bahwa profil suasana sekolah baik dan terdapat        iv          peningkatan perilaku  peserta didik serta kepemimpinan kepala sekolah. Namun, intervensi  yang  berupa  ”Warung  Kejujuran”  dianggap  kurang  sesuai  karena sekolah merasa repot melaksanakannya.  Pada tahun kedua (pilot project), penelitian dilaksanakan di 6 SD Negeri    dan Swasta   di   Kabupatern  Kulonprogo,  Kabupaten  Bantul,  dan Kabupaten    Gunung   Kidul.   Intervensi   untuk   pengembangnan   kultur   diganti   dengan    ”Penyediaan Kotak Pengembanian Barang Temuan”, ”Laporan Ketua Kelas”, dan    ”Refleksi Mengenai Kepemimpinan Kepala Sekolah”.    Selanjutnya model pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran diuji dengan penelitian tindakan kelas, dengan tujuan agar model diterapkan oleh sekolah secara partisipatif dan kolaboratif. Hasilnya menunjukkan bahwa model pendidikan karakter  dengan  pendekatan  komprehensif  terintegrasi  dalam  pembelajaran bidang studi, disertai pengembangan kultur sekolah efektif untuk meningkatkan hasil  studi  dan  karakter  peserta  didik,  serta  untuk  menjaga  profil  suasana sekolah dan mendorong kepemimpinan kepala sekolah yang bermoral.  Pada  tahun  ketiga  (implementasi  model),  pengintegrasian  pendidikan    karakter dalam pembelajaran bidang studi dilaksanakan dalam bentuk penelitian eksperimen seperti dalam penelitian   tahun pertama. Penelitian dilakukan di 6  SD/MI  sebagai kelompok eksperimen dan 6 SD/MI sebagai kelompok kontrol di semua  kabupaten  dan  Kota  Yogyakarta.  Tujuannya  agar  uji  model  dapat dilakukan  dengan  lebih  mantap.  Pada  tahun  terakhir  ini,    penelitian  juga  difokuskan pada pengembangan atau penggunaan media yang lebih menarik..          v          Hasil penelitian  ketiga menunjukkan  bahwa model pendidikan  karakter dengan  pendekatan  komprehensif,  terintegrasi  dengan  pembelajaran  bidang studi, dan disertai pengembangan kultur sekolah terbukti efektif untuk meningktakan  baik hasil studi maupun karakter peserta didik. Profil suasana sekolah terjaga baik, perilaku positif meningkat, dan kepala sekolah terdorong untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan.  Kerjasama   sekolah   dengan   orang  tua  dalam   memantau   ketaatan beribadah  peserta didik dapat diperluas untuk memantau perilaku yang lain, misalnya kejujuran  dan kepedulian.  Intervensi  berupa ”Laporan  Ketua Kelas” setiap minggu dianggap bagus untuk memupuk rasa tanggung jawab, kejujuran, keberanian, kepedulian, serta refleksi diri peserta didik sehingga perilaku mereka menjadi  semakin  baik.    Hal  ini  lebih  baik  lagi  jika  ditindaklanjuti  dengan pemberian kesempatan kepada peserta didik untuk mengatasi masalah-masalah mereka sendiri. Misalnya cara mereka mengatasi pertengkaran, sebagai upaya preventif  untuk     mencegah  terjadinya  tawuran  pelajar,  bahkan  tawuran mahasiswa dan tawuran kelompok masyarakat, yang kondisinya sudah sangat menyedihkan.  Berdasrkan  hasil  penelitian  ini,  diajukan  usul  agar  Dinas  Pendidikan Provinsi   Daereh   Istimewa   Yogyakarta   dan  Kementerian   Pendidikan   dan Kebudayaan  Indonesia membuat kebijakan untuk mengimplemntasikan  model pendidikan karakter yang telah teruji melalui penelitian selama tiga tahun ini.  Semoga Allah swt meridhoi upaya membangun karakter bangsa Indonesia. Amin.
date: 2011
type: Experiment/Research
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/26048/1/2.%20LAPORAN%20PENELITIAN.doc
identifier:   Darmiyati Zuchdi, Prof. Ed.D and Zuhdan Kun Prasetyo, Zuhdan and Muhsinatun Siasah, Masruri  (2011) PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN PENDEKATAN KOMPREHENSIF TERINTEGRASI DALAM PEMBELAJARAN BIDANG STUDI DI SEKOLAH DASAR.  [Experiment/Research]