<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Project-Based Learning untuk Membekali Foundational Knowledge dan Meningkatkan Scientific Literacy Peserta Didik SMP"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran IPA yang layak berbasis project-based learning, (2) pengaruh penerapan perangkat pembelajaran IPA berbasis project-based learning terhadap keterbekalan digital/ICT literacy, (3) pengaruh penerapan perangkat pembelajaran IPA berbasis project-based learning terhadap scientific literacy peserta didik SMP.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model Borg & Gall. Prosedur penelitian meliputi (1) studi pendahuluan, (2) desain produk, (3) validasi, (4) uji coba dan revisi produk hingga menghasilkan produk akhir. Subjek uji empiris dan uji coba terbatas yang merupakan bagian dari validasi dilakukan pada SMP Negeri 15 Yogyakarta. Uji coba lapangan dilaksanakan pada SMP Negeri 10 Pontianak, menggunakan dua kelas (kontrol-eksperimen) dengan jumlah peserta didik sebanyak 28-30 orang/kelas. Pengambilan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, angket, dan pengukuran. Hasil penilaian kelayakan perangkat pembelajaran IPA berbasis project-based learning, observasi digital/ICT literacy, angket digital/ICT literacy, dan tes scientific literacy dikonversi menggunakan skala Likert (skala 5). Hasil tes scientific literacy dilanjutkan dengan menghitung gain score dan dianalisis independent-sample t test menggunakan SPSS.\r\nHasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran IPA berbasis project-based learning pada tema Fotosintesis kelas VII SMP dengan kriteria kelayakan produk baik sekali (rata-rata percentage agreement 98,41%). Keterbekalan digital/ICT literacy peserta didik kelas VII setelah menggunakan perangkat pembelajaran berbasis project-based learning sebesar 98,29% untuk observasi dan 75,00 untuk angket digital/ICT literacy. Kriteria baik sekali diperoleh untuk peningkatan scientific literacy peserta didik SMP setelah mengikuti pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran IPA berbasis project-based learning sedangkan rata-rata gain score peserta didik adalah 15,37 dengan gain score ternormalisasi 0,37. Hasil uji independent-sample t test menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis project-based learning memberikan pengaruh signifikan terhadap scientific literacy peserta didik SMP."^^ . "2015-07-25" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Richa Tesi"^^ . "Muskania"^^ . "Richa Tesi Muskania"^^ . . . . . . "Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Project-Based Learning untuk Membekali Foundational Knowledge dan Meningkatkan Scientific Literacy Peserta Didik SMP (Text)"^^ . . . "tesis-ricka-tesi-muskania-13708251088.swf"^^ . . "HTML Summary of #26021 \n\nPengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Project-Based Learning untuk Membekali Foundational Knowledge dan Meningkatkan Scientific Literacy Peserta Didik SMP\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Pengetahuan Alam" . .