<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERBANDINGAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN\r\nMETODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR\r\nMATA PELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN\r\nINFORMASI (KKPI) SISWA KELAS XI SMK BATIK PERBAIK\r\nPURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/ 2014"^^ . "PERBANDINGAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN\r\nMETODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR\r\nMATA PELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN\r\nINFORMASI (KKPI) SISWA KELAS XI SMK BATIK PERBAIK\r\nPURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/ 2014\r\nOleh :\r\nDHIKKA REKA TIMUR\r\nNIM. 10520244067\r\nABSTRAK\r\nTujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui apakah rata-rata nilai\r\nhasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan metode kooperatif tipe STAD di\r\ndalam pembelajaran lebih besar daripada rata-rata nilai hasil belajar kelas kontrol\r\nyang menggunakan metode konvensional; (2) mengetahui apakah pembelajaran\r\ndengan metode kooperatif tipe STAD pada kelas eksperimen memberikan\r\npengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan\r\npenggunaan metode konvensional pada kelas kontrol.\r\nDesain dari penelitian ini adalah true-experimental designs dengan pretest\r\nposttest equivalent group design (design kelompok kontrol pretes postes). Populasi\r\ndari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Batik Perbaik Purworejo yang terdiri\r\ndari 11 kelas. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah metode cluster\r\nsampling, sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI AK 1 sebagai kelas\r\neksperimen dan kelas XI TKJ 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data\r\nyang digunakan adalah dengan observasi dan pengukuran menggunakan tes. Uji\r\nvaliditas instrumen dilakukan oleh experts judgment dan untuk soal tes\r\nmenggunakan analisis butir soal dengan menghitung tingkat kesukaran dan daya\r\npembedanya. Selanjutnya dilakukan uji reliabilitas yang dihitung menggunakan\r\nrumus K-R. 21. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan\r\nrumus uji-t polled varians dua sampel independen.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kelas eksperimen yang\r\nmenggunakan metode STAD mempunyai rata-rata nilai hasil belajar yang lebih\r\ntinggi yaitu sebesar 62.1 apabila dibandingkan dengan kelas kontrol yang\r\nmenggunakan metode konvensional dimana rata-rata nilai hasil belajarnya hanya\r\nsebesar 57.6; dan (2) Pembelajaran dengan metode kooperatif tipe STAD\r\nmemberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dibandingkan\r\ndengan penggunaan metode konvensional. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian\r\nhipotesis menggunakan uji-t polled varians pada nilai postes siswa yang\r\nmenunjukkan bahwa thitung yaitu sebesar 1.956 lebih besar dari ttabel yang hanya\r\nsebesar 1.673.\r\nKata Kunci: Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD\r\n(Student Teams Achievement Division), Hasil Belajar Siswa"^^ . "2015-08-08" . . . "FT"^^ . . . "UNY, FT"^^ . . . . . . . . . "REKA TIMUR"^^ . "DHIKKA"^^ . "REKA TIMUR DHIKKA"^^ . . . . . . "PERBANDINGAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN\r\nMETODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR\r\nMATA PELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN\r\nINFORMASI (KKPI) SISWA KELAS XI SMK BATIK PERBAIK\r\nPURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/ 2014 (Text)"^^ . . . "Dhekka reka timur.pdf"^^ . . . "PERBANDINGAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN\r\nMETODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR\r\nMATA PELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN\r\nINFORMASI (KKPI) SISWA KELAS XI SMK BATIK PERBAIK\r\nPURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/ 2014 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERBANDINGAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN\r\nMETODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR\r\nMATA PELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN\r\nINFORMASI (KKPI) SISWA KELAS XI SMK BATIK PERBAIK\r\nPURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/ 2014 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERBANDINGAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN\r\nMETODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR\r\nMATA PELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN\r\nINFORMASI (KKPI) SISWA KELAS XI SMK BATIK PERBAIK\r\nPURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/ 2014 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERBANDINGAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN\r\nMETODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR\r\nMATA PELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN\r\nINFORMASI (KKPI) SISWA KELAS XI SMK BATIK PERBAIK\r\nPURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/ 2014 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERBANDINGAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN\r\nMETODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR\r\nMATA PELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN\r\nINFORMASI (KKPI) SISWA KELAS XI SMK BATIK PERBAIK\r\nPURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/ 2014 (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #25979 \n\nPERBANDINGAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF \nTIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN \nMETODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR \nMATA PELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN \nINFORMASI (KKPI) SISWA KELAS XI SMK BATIK PERBAIK \nPURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/ 2014\n\n" . "text/html" . . . "Teknologi Informasi"@en . .