TY - THES TI - Pengembangan Subject Specific Pedagogy Materi Zat dan Energi Berbasis Keunggulan Lokal untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Kepedulian Lingkungan Siswa MTs AV - public KW - SSP KW - keunggulan lokal KW - literasi sains KW - dan kepedulian lingkungan ID - UNY25960 M1 - tesis UR - http://eprints.uny.ac.id/25960/ Y1 - 2015/08/31/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan SSP berbasis keunggulan lokal yang layak dipergunakan dalam meningkatkan literasi sains dan kepedulian lingkungan siswa MTs. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Uji coba SSP dilakukan di MTs Manbaul Ulum, Martapura. Subjek uji coba lapangan terdiri dari 50 orang siswa kelas VII MTs Manbaul Ulum. SSP diuji berdasarkan experts judgment dan diuji secara empiris di lapangan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari lembar validasi ahli, lembar angket, lembar observasi, dan soal tes. Lembar angket dan observasi digunakan untuk mengetahui kepedulian lingkungan siswa. Tes pilihan majemuk digunakan untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa. Statistik deskriptif berupa tabel dan diagram digunakan untuk menganalisis validitas SSP dan analisis gain skor untuk menganalisis peningkatan literasi sains dan kepedulian lingkungan. Teknik analisis data yang digunakan adalah konversi skor ke nilai. Kemudian dilanjutkan dengan uji normalitas, uji homogenitas,dan uji Manova dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa SSP yang telah dikembangkan layak dipergunakan, berdasarkan hasil penilaian validator ?sangat baik? dan berdasarkan hasil uji beda antara kelas kontrol dan eksperimen yang menunjukkan adanya perbedaan rata-rata nilai literasi sains antara dua kelas tersebut yaitu terdapat peningkatan literasi sains siswa menggunakan SSP berbasis kearifan lokal yang dikembangkan. PB - UNY A1 - Sya'ban, Muhammad Fuad ER -