%0 Generic %A Siti Irene, Astuti Dwiningrum %A Widyastuti, Purbani %A LPPM UNY, %D 2011 %F UNY:25935 %K karakter, holistik dan kontekstul %T Peran Sekolah dalam Pendidikan Karakter dengan Pengembangan Model Pembelajaran Holistik dan Kontekstual %U http://eprints.uny.ac.id/25935/ %X Penelitian hibah tahun pertama menjawab dua pertanyaan pokok yakni a). Nilai-nilai apakah yang perlu diprioritaskan untuk dikembangkan dalam pendidikan karakter siswa SMA?, b). Bagaimana merancang modul pembelajaran yang dikembangkan untuk pendidikan karakter di SMA? Penelitian ini dilakukan pada Sekolah Menengah Atas (SMA) di DIY. Sampel penelitian adalah guru dan siswa di SMA N 5 Yogyakarta, SMA N 5 Muhammadiyah Yogyakarta dan SMA Taman Madya. Disain penelitian adalah Research and Development, sebagai dasar mengembangkan modul pembelajaran pendidikan karakter. Pelatihan dilakukan sebagai usaha validasi modul dan pengembangannya. Analisis data yang digunakan adalah analisis “mixed method”, analisis kuantitatif menggunakan statistik deskriptif, sedangkan analisis kualitatif dimanfaatkan untuk data-data kualitatif. Hasil penelitian pada tahap pertama menunjukkan bahwa sebagian besar guru sudah memahami makna karakter dan dinamikanya dalam kehidupan masyarakat khususnya : nilai ketaatan dalam beragama, kejujuran, percaya diri, kepedulian sosial, semangat belajar dan semangat bekerja. Berdasarkan tahap I dalam R & D sampai dengan tahap uji coba produk dapat disimpulkan bahwa desain modul yang dirancang untuk pengembangan pendidikan karakter dengan pendekatan holistik dan kontekstual dapat diaplikasikan oleh guru di sekolah. %Z Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2011