TY - THES TI - HUBUNGAN PENGETAHUAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN (K3) DENGAN SIKAP PESERTA DIDIK KELAS X JASA BOGA DALAM MELAKSANAKAN PRAKTIK DI DAPUR SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA TAHUN 2013 A1 - ANIDA, NISWATIN FAUZIA PB - FT Y1 - 2015/09/08/ AV - public M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/25921/ ID - UNY25921 N2 - HUBUNGAN PENGETAHUAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN (K3) DENGAN SIKAP PESERTA DIDIK KELAS X JASA BOGA DALAM MELAKSANAKAN PRAKTIK DI DAPUR SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA TAHUN 2013 Oleh: ANIDA NISWATIN FAUZIA 09511241020 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengetahuan K3 peserta didik kelas X Jasa Boga; (2) Sikap peserta didik kelas X Jasa Boga dalam melaksanakan prosedur K3 ketika praktik di dapur; (3) Hubungan pengetahuan K3 dengan sikap peserta didik kelas X Jasa Boga dalam melaksanakan praktik di dapur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelatif dengan metode survey. Penelitian ini dilaksanakan pada 25 ? 30 Mei 2013 Mei 2013. Lokasi penelitian di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Jasa Boga berjumlah 104 peserta didik. Teknik pengambilan data menggunakan dokumentasi dan angket. Uji instrumen menggunakan rumus korelasi Product Moment dan realibilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil analisis validitas dengan program SPSS 16.0 pada kuesioner sikap terdapat 3 butir soal yang gugur. Reliabilitas data menunjukkan nilai r 0,944 sehingga data yang dianalisis reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengetahuan K3 peserta didik pada mata pelajaran Menerapkan K3 dan Hygiene Sanitasi kelas X Jasa Boga SMK Negeri 6 Yogyakarta telah tuntas atau telah mencapai KKM 76 yaitu sebanyak 104 peserta didik (100%); (2) Sikap K3 peserta didik kelas X Jasa Boga SMK Negeri 6 Yogyakarta dalam melaksanakan kegiatan praktik di dapur memiliki kecenderungan tinggi yaitu sebanyak 88 peserta didik (84,6%); (3) Ada hubungan antara pengetahuan K3 dengan sikap peserta didik kelas X Jasa Boga dalam melaksanakan praktik di dapur SMK Negeri 6 Yogyakarta dilihat dari nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,601>0,195) dengan signifikansi sangat tinggi yaitu 0,000 dan pengetahuan K3 mempunyai pengaruh terhadap sikap peserta didik sebesar 36,1%. Kata kunci: Hubungan Pengetahuan K3 dengan Sikap ER -