%0 Thesis %9 S2 %A Hati, Dhika pratama kusuma %B Program Pascasarjana %D 2015 %F UNY:25898 %I UNY %K media pembelajaran, physics problem-based video, kemampuan berpikir tingkat tinggi %T Pengembangan Physics Problem-Based Video untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA %U http://eprints.uny.ac.id/25898/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) apakah media pembelajaran physics problem-based video layak digunakan dalam pembelajaran fisika, dan (2) peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada media pembelajaran physics problem-based video. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Tahapan penelitian ini terdiri dari: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi/eksekusi, dan evaluasi/umpan balik. Media pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh ahli media dan materi, dan kemudian dinilai oleh guru fisika dan siswa. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa SMA. Uji coba terbatas terdiri dari dua uji, yaitu uji coba satu-satu yang dilakukan kepada dua orang siswa kelas XI dan uji coba kelompok kecil yang dilakukan kepada sembilan orang siswa kelas XI. Uji coba lapangan dilakukan kepada dua kelas X MIA SMA N 1 Surakarta yang terdiri dari 31 siswa dalam kelas eksperimen dan 32 siswa dalam kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan lembar validasi dan soal tes kemampuan berpikir tingkat tinggi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik dengan menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah sebagai berikut. (1) Media pembelajaran physics problem-based video pada materi fluida statis yang dikembangkan dinilai layak digunakan. Hasil penilaian media pembelajaran dari aspek media dan materi berada dalam kategori sangat baik. (2) Peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran physics problem-based video lebih tinggi daripada kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang pembelajarannya tidak menggunakan media pembelajaran physics problem-based video.