TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan prima di Kantor Dinas Perizinan Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini terdiri atas 100 responden yang akan dipilih secara tidak disengaja dengan penentuan batas waktu minimal lima hari. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis accidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: 1) angket; 2) wawancara; 3) dokumentasi. Uji validitas butir dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Croanbach. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif berbentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pelayanan prima di Kantor Dinas Perizinan Kota Yogyakarta mengacu pada standar pelayanan. Pelaksanaan pelayanan prima di Kantor Dinas Perizinan Kota Yogyakarta dapat diukur dari masing-masing indikator berikut: prosedur pelayanan dikategorikan jelas, waktu penyelesaian pelayanan dikategorikan cukup cepat, biaya pelayanan dikategorikan sangat wajar, produk pelayanan dikategorikan baik, sarana dan prasarana pelayanan dikategorikan sangat baik, kompetensi petugas pelayanan dikategorikan baik. Secara keseluruhan pelaksanaan standar pelayanan masih belum optimal dikarenakan masih ada indikator pelayanan yang masih berada pada kategori cukup. Indikator pelaksanaan pelayanan yang masih belum terlaksana dengan baik yaitu pada aspek waktu pelayanan. Kata Kunci : Pelayanan Prima, Standar Pelayanan ID - UNY25875 PB - Pendidikan Administrasi Perkantoran A1 - Andrilia Nilam Sari, Andrilia Y1 - 2015/08/19/ TI - PELAKSANAAN PELAYANAN PRIMA DI KANTOR DINAS PERIZINAN KOTA YOGYAKARTA UR - http://eprints.uny.ac.id/25875/ M1 - skripsi AV - public ER -