@phdthesis{UNY25845,
            year = {2015},
           month = {September},
           title = {Pengaruh Kreativitas Siswa dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap
Kesiapan Mental Kerja Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik
Elektronika Industri SMK Muhammadiyah Prambanan Tahun Ajaran
2012/2013},
          school = {FT},
          author = {Hari Wahyudi Agung},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/25845/},
        abstract = {Pengaruh Kreativitas Siswa dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap
Kesiapan Mental Kerja Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik
Elektronika Industri SMK Muhammadiyah Prambanan Tahun Ajaran
2012/2013
Oleh : Agung Hari Wahyudi
NIM. 11502247002
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Kreativitas Siswa
terhadap Kesiapan Mental Kerja siswa kelas XI Program Studi Keahlian Teknik
Elektronika Industri di SMK Muhammadiyah Prambanan Tahun Ajaran 2012/2013. (2)
Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kesiapan Mental Kerja siswa kelas XI Program
Studi Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Muhammadiyah Prambanan Tahun
Ajaran 2012/2013. (3) Pengaruh Kreativitas Siswa dan Kemandirian Belajar secara
bersama-sama terhadap Kesiapan Mental Kerja siswa kelas XI Program Studi Keahlian
Teknik Elektronika Industri di SMK Muhammadiyah Prambanan Tahun Ajaran
2012/2013.
Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas
XI Program Studi Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Muhammadiyah
Prambanan Tahun Ajaran 2012/2013 berjumlah 38 siswa yang seluruhnya diambil
sebagai subyek penelitian. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 32 siswa kelas XI
Program Studi Keahlian Multimedia. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi
Product Moment dari Pearson, sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus Alpha
Cronbach. Untuk mengetahui pengaruh Kreativitas Siswa terhadap Kesiapan Mental
Kerja dan pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kesiapan Mental Kerja teknik analisis
regresi linier sederhana sedangkan untuk mengetahui pengaruh Kreativitas Siswa dan
Kemandirian Belajar secara bersama-sama terhadap Kesiapan Mental Kerja digunakan
teknik analisis regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tidak terdapat pengaruh positif
Kreativitas Siswa terhadap Kesiapan Mental Kerja siswa kelas XI Program Studi
Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Muhammadiyah Prambanan Tahun Ajaran
2012/2013 yang dibuktikan dengan nilai rx1y = 0,093 lebih kecil dari rtabel = 0,320, Fhitung =
0,312 lebih kecil dari Ftabel = 4,11 pada taraf signifikansi 5\% dengan dk pembilang = 1
dan dk penyebut = 36. (2) Terdapat pengaruh positif Kemandirian Belajar terhadap
Kesiapan Mental Kerja siswa kelas XI Program Studi Keahlian Teknik Elektronika
Industri di SMK Muhammadiyah Prambanan Tahun Ajaran 2012/2013 yang dibuktikan
dengan harga rx2y = 0,609 lebih besar dari rtabel = 0,320, F hitung sebesar 21,262 lebih besar
dari pada nilai Ftabel sebesar 4,11 pada taraf signifikansi 5 \% dengan dk pembilang = 1
dan dk penyebut = 36. (3) Terdapat pengaruh positif Kreativitas Siswa dan Kemandirian
Belajar secara bersama-sama Terhadap Kesiapan Mental Kerja siswa kelas XI Program
Studi Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Muhammadiyah Prambanan Tahun
Ajaran 2012/2013 yang dibuktikan dengan harga Ry(1,2) = 0,618 lebih besar dari Rtabel =
0,320, Fhitung = 10,792 lebih besar dari Ftabel = 3,28 pada taraf signifikansi 5\% dengan dk
pembilang = 2 dan dk penyebut = 35. Koefisien determinasi R2y(1,2) sebesar 0,381.
Sumbangan efektif Kreativitas Siswa sebesar 2,11 \% dan Kemandirian Belajar sebesar
35,99 \%.
Kata Kunci: kreativitas siswa, kemandirian belajar, kesiapan mental kerja}
}