%0 Thesis
%9 S1
%A Muzaena Firdausi
%A Nur Rohmah Muktiani,
%B PGSD Penjas
%D 2015
%F UNY:25757
%I Fakultas Ilmu Keolahragaan
%K pengembangan, media, buku saku, senam lantai headstand, cartwheel,  pembelajaran, pendidikan jasmani,  evaluasi
%T PENGEMBANGAN BUKU SAKU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI  OLAHRAGA DAN KESEHATAN MATERI HEADSTAND DAN MERODA   CARTWHEEL PADA SENAM LANTAI BAGI SISWA  KELAS V SEKOLAH DASAR
%U http://eprints.uny.ac.id/25757/
%X Berdasarkan hasil wawancara dengan peserta didik di SD Negeri 4  Wates, Diketahui bahwa peserta didik khususnya Kelas V mengalami kesulitan  dalam memahami materi pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dengan  pokok bahasan Headstand dan Cartwheel (Senam Lantai), untuk memotivasi  siswa dalam belajar perlu dikembangkan media pembelajaran yang menarik  salah satunya media pembelajaran buku saku pendidikan jasmani olahraga dan  kesehatan materi Headstand dan Cartwheel pada senam lantai. Penelitian ini  bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran pendidikan  jasmani olahraga dan kesehatan berupa buku saku yang layak digunakan sebagai  media belajar dan dapat memotivasi siswa kelas V SD dalam memahami materi  senam lantai dengan pokok bahasan Headstand dan Cartwheel.    Penelitian ini menggunakan desain penelitian Research and Development  (R&D) yang mengacu pada model penelitian pengembangan dari Arif S.  Sadiman. Pengembangan media pembelajaran ini dilakukan melalui beberapa  tahapan antara lain: (1) Identifikasi Kebutuhan, (2) Perumusan tujuan, (3)  Perumusan butir-butir materi, (4) Perumusan alat ukur keberhasilan, (5)  Penulisan naskah media, (6) Tes/Ujicoba, dan (7) Revisi. Subjek uji coba produk  adalah siswa kelas V SD, Teknik pengumpulan data (instrumen) menggunakan  angket dan wawancara, data berupa hasil penelitian mengenai kualitas produk,  saran untuk revisi produk. Data kualitatif dianalisis dengan statistik deskriptif.  Saran-saran yang diperoleh digunakan sebagai untuk merevisi produk.    Hasil validasi oleh ahli materi secara keseluruhan aspek adalah “sangat  baik” dengan rerata skor 4,40. Penilaian ahli media pada produk adalah “baik”  dengan rerata skor 4,12. Sedangkan Penilaian ahli bahasa pada produk adalah  “baik” dengan rerata skor 4. Pada evaluasi satu lawan satu penilaian siswa  adalah “sangat baik” dengan rerata skor 4,33. Pada evaluasi kelompok kecil  penilaian siswa adalah “sangat baik” dengan rerata skor 4,37. Pada evaluasi  lapangan penilaian siswa adalah “sangat baik” dengan rerata skor 4,54.