@phdthesis{UNY25757,
            year = {2015},
          author = {Muzaena Firdausi},
           title = {PENGEMBANGAN BUKU SAKU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI
OLAHRAGA DAN KESEHATAN MATERI HEADSTAND DAN MERODA 
CARTWHEEL PADA SENAM LANTAI BAGI SISWA
KELAS V SEKOLAH DASAR},
          school = {Fakultas Ilmu Keolahragaan},
        keywords = {pengembangan, media, buku saku, senam lantai headstand, cartwheel,
pembelajaran, pendidikan jasmani,  evaluasi},
        abstract = {Berdasarkan hasil wawancara dengan peserta didik di SD Negeri 4
Wates, Diketahui bahwa peserta didik khususnya Kelas V mengalami kesulitan
dalam memahami materi pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dengan
pokok bahasan Headstand dan Cartwheel (Senam Lantai), untuk memotivasi
siswa dalam belajar perlu dikembangkan media pembelajaran yang menarik
salah satunya media pembelajaran buku saku pendidikan jasmani olahraga dan
kesehatan materi Headstand dan Cartwheel pada senam lantai. Penelitian ini
bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran pendidikan
jasmani olahraga dan kesehatan berupa buku saku yang layak digunakan sebagai
media belajar dan dapat memotivasi siswa kelas V SD dalam memahami materi
senam lantai dengan pokok bahasan Headstand dan Cartwheel. 
 Penelitian ini menggunakan desain penelitian Research and Development
(R\&D) yang mengacu pada model penelitian pengembangan dari Arif S.
Sadiman. Pengembangan media pembelajaran ini dilakukan melalui beberapa
tahapan antara lain: (1) Identifikasi Kebutuhan, (2) Perumusan tujuan, (3)
Perumusan butir-butir materi, (4) Perumusan alat ukur keberhasilan, (5)
Penulisan naskah media, (6) Tes/Ujicoba, dan (7) Revisi. Subjek uji coba produk
adalah siswa kelas V SD, Teknik pengumpulan data (instrumen) menggunakan
angket dan wawancara, data berupa hasil penelitian mengenai kualitas produk,
saran untuk revisi produk. Data kualitatif dianalisis dengan statistik deskriptif.
Saran-saran yang diperoleh digunakan sebagai untuk merevisi produk. 
 Hasil validasi oleh ahli materi secara keseluruhan aspek adalah ?sangat
baik? dengan rerata skor 4,40. Penilaian ahli media pada produk adalah ?baik?
dengan rerata skor 4,12. Sedangkan Penilaian ahli bahasa pada produk adalah
?baik? dengan rerata skor 4. Pada evaluasi satu lawan satu penilaian siswa
adalah ?sangat baik? dengan rerata skor 4,33. Pada evaluasi kelompok kecil
penilaian siswa adalah ?sangat baik? dengan rerata skor 4,37. Pada evaluasi
lapangan penilaian siswa adalah ?sangat baik? dengan rerata skor 4,54.},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/25757/}
}