%L UNY25730 %X Jumlah sarpras yang kurang dan minim di Sekolah Dasar Negeri se Gugus Jogotirto Kecamatan Berbah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru penjasorkes dalam mengatasi terbatasan sarana dan prasarana penjas di Sekolah Dasar Negeri se Gugus Jogotirto Kecamatan Berbah Tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan datanya menggunakan lembar observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru penjasorkes di Sekolah Dasar Negeri se Gugus Jogotirto Kecamatan Berbah Tahun 2015 yang berjumlah 4 orang guru. Intstrumen penelitian menggunakan lembar observasi yang diamati selama 5 kali pertemuan untuk tiap sekolah. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa kreativitas guru penjasorkes dalam mengatasi terbatasnya sarana dan prasarana Penjas di Sekolah Dasar Negeri se Gugus Jogotirto Kecamatan Berbah Tahun 2015 berada pada kategori “sangat rendah” sebesar 0% (0 guru), “rendah” sebesar 25% (1 guru), “cukup” sebesar 50% (2 guru), “tinggi” sebesar 25% (1 guru), dan “sangat tinggi” sebesar 0% (0 guru). Sehingga dapat disimpulkan bahwa kreativitas guru penjasorkes dalam mengatasi terbatasnya sarana dan prasarana Penjas masuk dalam kategori “cukup”. %A Marindha %K kreativitas, guru penjasorkes, sarpras %T KREATIVITAS GURU PENJASORKES DALAM MENGATASI TERBATASNYA SARANA DAN PRASARANA PENJAS DI SD NEGERI SE- GUGUS JOGOTIRTO KECAMATAN BERBAH %D 2015 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan