relation: http://eprints.uny.ac.id/25649/ title: Kemampuan Guru Dalam Mengimplementasikan Teknologi Informasi Untuk Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di SMP Negeri Se-Kabupaten Bantul creator: Larasati, Ici subject: Hukum subject: Kewarganegaraan subject: Kewarganegaraan dan Hukum description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kemampuan guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam mengimplementasikan teknologi informasi pada pembelajaran PPKn di SMP se Kabupaten Bantul, 2) hambatan dan upaya yang dilakukan guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraaan di SMP Negeri Se-Kabupaten Bantul agar dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengimplementasikan teknologi informasi. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi Mixed Methods dengan model Sequential Explanatory. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri Se-Kabupaten Bantul. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 17 guru dari 17 SMP di Kabupaten Bantul. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data kuantitatif kemudian di analisis menggunakan data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) kemampuan guru PPKn dalam implementasi teknologi informasi untuk pembelajaran PPKn di SMP Negeri Se-Kabupaten Bantul sebagian besar dalam kategori kurang sebanyak 9 orang (52,9%). Sisanya dalam kategori cukup sebanyak 7 orang (41,2%) dan kategori baik sebanyak 1 orang (5,9%). 2) Guru dalam implementasi TI tidak terlepas dari adanya hambatan antara lain: a) adanya keterbatasasn fasilitas TI dan kondisinya kurang baik. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan tersebut dengan memberikan masukan pada pihak sekolah untuk melakukan pengadaan fasilitas TI dan dilakukan perawatan secara kontinyu oleh petugas serta guru lebih kreatif dengan memanfaatkan fasilitas TI pribadi. b) kurangnya kemampuan guru dalam mengimplementasikan TI. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan tersebut dengan belajar dengan guru lain atau petugas lab komputer yang lebih mahir dengan TI, mengikuti training dasar komputer dan mengikuti kursus yang dilakukan secara mandiri di luar program sekolah. Kata kunci: Kemampuan Guru, Teknologi Informasi, Pembelajaran PPKn date: 2015 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: other language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/25649/1/SKRIPSI%2009401241035.swf identifier: Larasati, Ici (2015) Kemampuan Guru Dalam Mengimplementasikan Teknologi Informasi Untuk Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di SMP Negeri Se-Kabupaten Bantul. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial. relation: http://library.fis.uny.ac.id