%0 Thesis %9 S1 %A Kumara, Amy Cahya %A Mukhamad Murdiono, %B FIS %D 2015 %F UNY:25630 %I Fakultas Ilmu Sosial %T EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN %U http://eprints.uny.ac.id/25630/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran Cooperative Script dalam upaya peningkatan prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara simple random sampling. Dengan menggunakan teknik tersebut dari keseluruhan populasi kelas VII A-F yang berjumlah 222 siswa didapatkan sampel penelitian kelas eksperimen yaitu kelas VII E berjumlah 32 siswa dan kelas kontrol yaitu kelas VII F yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menngunakan instrument berupa tes, dengan melakukan pretest dan posttes, dengan desain pretest-posttest control group. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji homogenitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Uji homogenitas dan uji normalitas dilakukan sebagai prasyarat uji hipotesis Independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) atau p value adalah sebesar 0,017 < 0,05. Dengan demikian, dapat dikatakan signifikan pada probabilitas 0,05. Selain membandingkan nilai Sig. (2-tailed), hasil uji hipotesis dilakukan dengan membandingkan antara t tabel dengan t hitung, diketahui bahwa nilai t hitung pada hasil uji Independent Sample T-Test yang telah dilakukan adalah sebesar 2,469 dengan signifikansi p sebesar 0,017. Pada t tabel untuk nilai df = 58 adalah sebesar 2,001. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa t tabel < t hitung, yaitu 2,001 < 2,469. Dengan demikian Ho ditolak, dan Ha diterima, yaitu metode pembelajran Cooperative Script efektif untuk meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas VII SMP N 3 Wonosari. Kata kunci: pendidikan kewarganegaraan, metode pembelajaran, cooperative