eprintid: 25619 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1211 dir: disk0/00/02/56/19 datestamp: 2015-08-28 00:38:24 lastmod: 2019-01-30 03:07:24 status_changed: 2015-08-28 00:38:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Lestari, Puji corp_creators: Taat Wulandari title: IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU IPS SMP/MTs DI KECAMATAN PANDAK ispublished: pub subjects: pendidikan_ips divisions: fis_pend_ips full_text_status: public abstract: Penelitian ini betujuan untuk mengetahui: 1) Tingkat implementasi kompetensi pedagogik guru IPS SMP/MTs di Kecamatan Pandak dalam pemahaman terhadap peserta didik; 2) Tingkat implementasi kompetensi pedagogik guru IPS SMP/MTs di Kecamatan Pandak dalam perencanaan pembelajaran; 3) Tingkat implementasi kompetensi pedagogik guru IPS SMP/MTs di Kecamatan Pandak dalam pelaksanaan pembelajaran; 4) Tingkat implementasi kompetensi pedagogik guru IPS SMP/MTs di Kecamatan Pandak dalam evaluasi hasil belajar; 5) Tingkat implementasi kompetensi pedagogik guru IPS SMP/MTs di Kecamatan Pandak dalam pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru IPS SMP/MTs di Kecamatan Pandak, yaitu berjumlah 18. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Validitas instrumen menggunakan expert judgment dan uji coba instrumen dianalisis menggunakan korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat implementasi kompetensi pedagogik dalam pemahaman terhadap peserta didik berada dalam kategori kurang dengan persentase 44,44%; 2) Tingkat implementasi kompetensi pedagogik dalam perencanaan pembelajaran berada dalam kategori sangat baik dengan persentase 33,33%; 3) Tingkat implementasi kompetensi pedagogik dalam pelaksanaan pembelajaran berada dalam kategori baik dengan persentase 38,89%; 4) Tingkat implementasi kompetensi pedagogik dalam evaluasi hasil belajar berada dalam kategori kurang dengan persentase 38,89%; 5) Tingkat implementasi kompetensi pedagogik dalam pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki berada dalam kategori baik dengan persentase 38,89%. Kata Kunci: Implementasi, Kompetensi Pedagogik, Guru IPS. date: 2015 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Sosial department: FIS thesis_type: skripsi official_url: http://library.fis.uny.ac.id citation: Lestari, Puji (2015) IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU IPS SMP/MTs DI KECAMATAN PANDAK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial. document_url: http://eprints.uny.ac.id/25619/1/Skripsi%2011416241048.swf