%0 Thesis %9 S1 %A Renny Tri, Rahayu %B Administrasi Pendidikan %D 2015 %F UNY:25611 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PEMBINAAN KELAS KHUSUS BAKAT ISTIMEWA OLAHRAGA (BIO) DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/25611/ %X Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang; (1) Pembinaan bakat kelas khusus Bakat Istimewa Olahraga (BIO); dan (2) Manajemen sumber daya pembinaan kelas khusus BIO. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah penanggungjawab program kelas khusus BIO. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Triangulasi sumber dilakukan dengan Wakasek Kurikulum, guru olahraga, pelatih dan peserta didik. Triangulasi metode yang digunakan adalah membandingkan data wawancara dengan data observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pembinaan kelas khusus Bakat Istimewa Olahraga (BIO) berbeda dari penyelenggaraan pembinaan kelas khusus pada umumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Pembinaan bakat kelas khusus BIO meliputi seleksi, pembinaan berkelanjutan yang terdiri dari pembinaan cabang olahraga dan pembinaan akademik serta pemberian penghargaan. Seleksi yang diselenggarakan meliputi seleksi administratif dan seleksi ketrampilan. Seleksi administratif terdiri dari tahapan verifikasi dokumen dan verifikasi faktual. Seleksi ketrampilan berupa tes cabang olahraga masing-masing peserta didik. Pembinaan olahraga merupakan pembinaan per cabang olahraga yang digeluti oleh masing-masing peserta didik. Pembinaan akademik diberikan dalam tahap pembinaan berkelanjutan untuk menyeimbangkan kemampuan non akademik peserta didik kelas khusus BIO. Pemberian penghargaan oleh sekolah dilakukan dengan sistem poin tertentu yang diakumulasikan; dan (2) Manajemen sumber daya pembinaan kelas khusus BIO belum seluruhnya maksimal. Rasio pelatih dengan cabang olahraga yang ada dalam kelas khusus BIO belum seimbang. Fasilitas yang dimiliki sekolah secara kuantitas belum terpenuhi seluruhnya dan secara kualitas banyak yang belum standar. Dana dari APBS dan APBN yang diwakilkan oleh Pemerintah Kota belum cukup untuk memenuhi kebutuhan kelas khusus BIO.